Anda berada di mode pratinjau.
| |

Pulsa Kesehatan

407

407 - Pulsa Kesehatan


Nomor:
407

Inisiator:
Yayasan Bandung Wangi

Organisasi:
Yayasan Bandung Wangi

Tanggal aplikasi:
16 September 2011

Lokasi:
DKI Jakarta

Dana:
73 Juta Rupiah

Topik hibah:
Keadilan dan kesetaraan akses terhadap media

Masa Aktivitas:
November 2011 – Mei 2012 (7 bulan)

Deskripsi Proyek:
Pulsa kesehatan merupakan produk sosial yang ditujukan untuk menghambat laju penularan HIV dan AIDS dengan menyediakan layanan kesehatan dan informasi bagi para perempuan yang rentan tertular Iinfeksi Menular Seksula (IMS), HIV dan AIDS sehingga rutin periksa ke klinik kesehatan, minimal sebulan sekali. Untuk mendapatkan produk pulsa kesehatan, peserta hanya perlu membayar Rp 1000,- per hari selama sebulan/30 hari. Dengan iuran harian yang terasa ringan, peserta setiap bulan dapat keuntungan berupa periksa kesehatan ke klinik yang menjadi mitra program tanpa harus membayar dan pulsa senilai Rp 10.000,- yang dikirim langsung ke hand phone-nya.

Masalah yang ingin diatasi:
Alasan kebutuhan ekonomi, membuat setidaknya 1000 orang perempuan dari berbagai daerah, terpaksa menjadi pekerja seks komersil kelas rendahan di wilayah Prumpung, Jakarta Timur. Mereka menawarkan jasanya di pinggir-pinggir jalan, kawasan rel kereta api, panti pijat, dan kafe-kafe kumuh. Dibandingkan dengan uang yang didapatkan, tingkat risiko yang dihadapi para pekerja seks perempuan itu sesungguhnya jauh lebih besar. Mulai dari tindak kekerasan, pemerasan, hingga kesehatan. Pada aspek kesehatan, tidak sedikit di antara mereka tertular Infeksi Menular Seksual (IMS) hingga HIV dan AIDS. Namun sering tidak mereka sadari karena berbagai gejala penyakit tersebut, tidak serta merta terasakan akibat posisi organ reproduksi yang ada di dalam. Ataupun bila terasakan, selama masih cukup kuat menahan rasa sakit, mereka akan coba mengabaikannya dengan menghindari periksa kesehatan ke klinik karena faktor biaya yang dirasa mahal dan prosedur yang sering tak ramah.

Cara mengatasi dan masyarakat yang diuntungkan:
Pulsa sebagai added value, akan menjadi “jembatan”daya tarik bagi target group dalam merasakan langsung manfaat program ini dalam kehidupan keseharian mereka yang intens dengan hand phone. Pengiriman pulsa tiap bulan ke handphone peserta, juga akan membuat target group terus membayar iuran. Guna menambah dayak tarik program pulsa kesehatan, dan memudahkan catatan administrative, tiap peserta akan mendapat kartu keanggotaan dalam bentuk yang fancy yang berguna untuk mendapatkan layanan kesehatan yang lebih baik tanpa merasa risih atau terdiskriminasi. Melalui program pulsa kesehatan, nomor-nomor hand phone peserta akan terdata dengan baik sehingga berbagai informasi kesehatan dan informasi penting yang mereka butuhkan, dapat dikirimkan secara langsung ke hand phone masing-masing. Begitu pula sebaliknya, tiap peserta program juga dapat berkonsultasi secara pribadi dengan cara mengirimkan SMS ke nomor server yang disediakan secara khusus yang dijaga kerahasiannya. Pihak yang mendapatkan manfaat adalah target group, beneficiary langsung program ini sebanyak 500-100 pekerja seks perempuan yang rentan tertular HIV dan IMS yang tersebar di kawasan Prumpung dan Gunung Antang, Jakarta Timur.

Ukuran kesuksesan:
Berdasarkan jumlah peserta program yang terlibat, tingkat kunjungan target group peserta program ke klinik yang meningkat, jumlah akses/permintaan informasi konsultasi lewat SMS, menurunnya kasus IMS di kalangan pekerja seks perempuan, dan program pulsa kesehatan mampu mandiri dan sustain.

Perkembangan Proyek



Tidak ada aktifitas