Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

404 - Mempertajam Identitas Maluku melalui Pengembangan Media Visual Interaktif, Autentik dan Aktual


Nama Inisiator

Media Visual Production JJ Organik

Organisasi

Media Visual Production JJ Organik

Topik

Keadilan dan kesetaraan akses terhadap media

Deskripsi Proyek

Media Visual Production JJ Organik merupakan media promosi interaktif dalam seperangkat peralatan multimedia berupa layar televisi dan komputer yang berinteraksi di pintu gerbang Maluku yang berlokasi di bandara internasional Pattimura Ambon. Media Visual Production JJ Organik telah mendedikasikan diri selama kurun waktu 2 tahun untuk mempromosikan dan mempublikasikan produk dan potensi lokal Maluku berupa pesona alam, wisata dan budaya, serta layanan masyarakat Maluku dalam bentuk iklan interkatif dengan menjalin kerjasama dengan pihak-pihak terkait seperti Pemerintah Provinsi Maluku (Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah dan Dinas Pariwisata) PT.Angkasa Pura I (persero) bandara International Pattimura Ambon, meskapai penerbangan PT. Garuda Indonesia cabang Ambon, Ambon tourism board dan Molluccas Credit Union. Adanya kemitraan untuk mempertajam identitas Maluku melalui pencitraan produk-produk lokal dengan menggunakan sarana teknologi sehingga dapat diakses secara global. Selain itu, untuk kepentingan mengangkat potensi ekonomi lokal yang bersifat tradisional, Media Visual Production JJ Organik memberikan progam pengembangan iklan interaktif cuma-cuma bagi cuma bagi para penguasaha mikro yang bergerak di sektor riil serta masyarakat tradisional dalam rangka peningkatan usahanya. Adapun sosialisasi dan workshop diberikan kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan tingkat melek teknologi informasi serta promosi sehingga mereka memiliki kesempatan berkarya sekaligus memasarkan karya mereka lewat promosi.

Masalah yang Diangkat

Maluku dikenal dengan “negeri seribu pulau” yang kaya dengan sumber alam dan budayanya. Inilah yang menyebabkan terjadinya perebutan wilayah kekuasaan diantara bangsa penjajah sejak berabad-abad yang lalu. Sebagai primadona yang terkenal sampai ke negeri Eropa tentunya hal ini sangat beralasan. Maluku punya potensi alam seperti : cengkeh, pala serta tanaman rempah lainnya. Sementara disektor kelautan dan perikanan, siapa yang tidak takjub dengan anugerah Tuhan yang dititipkan di Bumi Maluku?. Ironisnya, semua potensi yang ada belum dioptimalkan untuk kesejahteraan masyarakat lokal, akibatnya walaupun tingkat perekonomian Maluku terus meningat, masalah kemiskinan tetap melilit negeri ini. Banyak kendala memang, diantaranya sumber daya manusia, penguasaan dan pemanfaatan teknologi, serta yang lebih penting adalah promosi daerah. Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah daerah. Namun sebagai mitra, kami hadir sebagai wujud kepedulian untuk membantu mempromosikan Maluku dengan harapan ada penyebaran informasi serta ketertarikan untuk mengembangkan daerah ini terutama dalam berinvestasi demi pengembangan daerah dan kesejahteraan masyarakat.

Solusi

Media Visual Production menjembatani jurang akses informasi antara masyarakat kepulauan Maluku dan para investor domestik maupun mancanegara. Adapun beberapa langkah strategis yang sedang digalakan:

1. Mengembangkan sistem kemitraan dengan para pelaku industri kecil dengan memberikan kemudahan serta rangsangan aktif bagi mereka untuk menayangkan iklan produk mereka secara cuma-cuma dalam menjawab kebutuhan promosi melalui perangkat Media Visual Production di Bandara Pattimura Ambon.
2. Memberikan workshop dan training kepada masyarakat di Maluku khususnya di daerah kepulauan akan pentingnya mempromosikan produk dan layanan mereka.
3. Menjalin kerjasama dengan pihak pemerintah daerah melalui tayangan interaktif yang dikemas dalam sebuah visualisasi tentang peristiwa sosial, ekonomi, politik serta promosi produk budaya dan pariwisata di Maluku sehingga mampu menarik perhatian dan mempengaruhi pemerintah terhadap sektor-sektor potensial yang ada di Maluku untuk dikembangkan.
Pihak yang mendapatkan manfaat adalah masyarakat pedagang dan wirausaha yang bergerak dalam usaha mikro (rumput laut, pengrajin rotan, tembikar, tenun, souvenir) terutama yang berada di daerah kepulauan seperti di Kabupaten Maluku Tenggara Barat, kepulauan Aru, Seram dan lainnya, para investor domestik maupun mancanegara dalam mengakses informasi produk dan potensi yang menjadi bagian dari pengguna jasa bandar udara pattimura Ambon, dan pemerintah daerah Provinsi Maluku karena telah membantu menyajikan data dan informasi tentang potensi daerah Maluku sehingga salah satu strategi promosi daerah telah dilaksanakan.

Target

1. Masyarakat Pedagang dan wirausaha yang bergerak dalam usaha mikro (rumput laut, pengrajin rotan, tembikar, tenun, souvenir) terutama yang berada di daerah kepulauan seperti di Kabupaten Maluku Tenggara Barat, kepulauan Aru, Seram dan lainnya. Media Visual Production JJ Organik membantu memasarkan produk mereka sehingga mampu mengangkat perekonomian mereka kearah lebih baik. 2. Para investor domestik maupun mancanegara dalam mengakses informasi produk dan potensi yang menjadi bagian dari Pengguna jasa bandar udara pattimura Ambon. 3. Pemerintah Daerah Provinsi Maluku karena telah membantu menyajikan data dan informasi tentang potensi daerah Maluku, sehingga salah satu strategi promosi daerah telah dilaksanakan.

Indikator Sukses

Sebagai media dengan visi dan misinya untuk menyebarkan informasi secara global dalam rangka mempromosikan potensi dan produk lokal Maluku maka dalam mengukur tingkat kesuksesannya, Media Visual Production JJ Organik menggunakan beberapa indikator ukuran sebagai berikut minat dan pemanfaatan media dan hasil survei lapangan, yang terdiri dari jumlah orang yang mengakses komputer informasi dalam 1 hari rata-rata mencapai 40 orang dan jumlah orang yg memperhatikan setiap iklan layanan TV (2 Buah) dalam 1 hari rata-rata mencapai 450 orang.

Lokasi

Ambon, Maluku

Dana yang Dibutuhkan

500 Juta Rupiah

Durasi Proyek

Januari-Desember 2012