Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

386 - Edu Reporter / Reporter Pelajar


Nama Inisiator

Tatit Palgunadi

Organisasi

NA

Topik

Kebebasan dan etika bermedia

Deskripsi Proyek

bocah.info telah secara konsisten selama 4 tahun melakukan penyampaian informasi, berita dengan sasaran pengunjung adalah siswa usia 9-18 tahun. Dengan sasaran pengunjung ini, juga telah mendapat perhatian dari orang tua dan pendidik (terlihat dari komentar yang masuk ke bocah.info). Sejak tahun ke 2, bocah.info yang bermotto “Kreatif, Edukatif, Interaktif” menyediakan ruang bagi para pelajar untuk secara bebas menyampaikan informasi, reportase maupun foto dan expresi kreatif-nya. Disadari dengan semakin maraknya penggunaan hanphone oleh para siswa, maka bocah.info akan mengembangkan infrastruktur bocah.info sehingga dapat semakin memberi kemudahan akses dengan tersedianya versi bocah.info mobile. Pendekatan penyebaran informasi akan dilakukan di bocah.info, situs jejaring sosial, blog sekolah.

Masalah yang Diangkat

Mengakses situs versi desktop di telepon genggam akan membutuhkan waktu yang lama, sedangkan untuk menggerakkan para pelajar menjadi reporter yang cepat dan akurat, diperlukan kemudahan, sehingga menimbulkan antusias dan kesenangan seperti mereka mudah mengupdate situs jejaring sosial-nya. Generasi digital mengalami konflik dengan orang tua dan pendidik dalam penggunaan teknologi terutama handpone, yang saat ini orientasi nya negatif. Generasi tidak memperhatikan apa yang terjadi di sekelilingnya untuk diangkat sebagai topik menarik dan menyajikan keunikan setiap daerah.

Solusi

Menyediakan bocah.info versi mobile, yang akan berisi :
– Ruang berkreasi dan mereportase terutama apa yang dilihat, dialami, dan diamati dari lingkungan dan keunikan daerahnya.
– Materi pengetahuan cara menulis secara bebas dan beretika untuk para pelajar.
Menyediakan penghargaan/reward sebagai apresiasi dan motivasi, membuka kesempatan seleksi sebagai kontributor informasi/berita profesional
Membantu pihak sekolah untuk memiliki portal pendidikan dan selanjutnya dapat diakses mobile dan menjadi referensi pengunjung bocah.info, dan memberi reward kepada sekolah yang mendukung siswa dalam menggunakan pemanfaatan handphone untuk kemajuan media. Pihak yang diuntungkan adalah pelajar usia 9-18 tahun se-Indonesia dan sekolah yang memiliki visi membangun pendidikan berbasis digital.

Target

Pelajar usia 9-18 tahun se-Indonesia dan sekolah yang memiliki visi membangun pendidikan berbasis digital.

Indikator Sukses

1. Meningkatnya visitor pada situs bocah.info
2. Maraknya tulisan dari kalangan pelajar.
3. Interaksi sesama penulis secara online
4. Terbentuknya komunitas pelajar untuk saling memajukan media bebas beretika.
5. Terbentuknya komunitas sekolah untuk memajukan belajar dengan berbasis media digital.

Lokasi

Tanjung Karang, Lampung

Dana yang Dibutuhkan

399 Juta Rupiah

Durasi Proyek

Januari 2012 – Desember 2012 (satu tahun) dan berkelanjutan