Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

384 - Menulis untuk Membangun Peradaban Bangsa Indonesia Lebih Maju


Nama Inisiator

Writing Revolution

Organisasi

Writing Revolution

Topik

Keadilan dan kesetaraan akses terhadap media

Deskripsi Proyek

Sebuah kegiatan yang bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran akan arti penting menulis dalam membentuk karakter karena dalam kegiatan menulis akan menanamkan nilai-nilai postif seperti kejujuran, keterbukaan, kesadaran, dan kepedulian serta mengasah sikap kritis terhadap perubahan yang terjadi di lingkungannya. Selain itu, menulis mampu mengasah kecerdasan terutama dalam aspek bahasa, logika, intrapersonal dan sebagainya yang menjadi bagian dari multipelintelegensi. Dalam membangun peradaban Indonesia yang lebih maju, dibutuhkan masyarakat yang melek menulis dan gemar membaca. Kami bertujuan untuk membantu mengkampanyekan gerakan baca tulis terutama di kalangan pelajar dan mahasiswa, sebagai generasi penerus bangsa. Untuk itu, dibutuhkan adanya media internet yang mampu mendukung kegiatan ini. Terutama internet yang bisa diakses oleh pelajar dan mahasiswa seluruh Indonesia. Sehingga proses pembelajaran dan pendampingan menulis kreatifnya bisa lebih cepat, murah dan efisien. Kendala kami adalah keterbatasan anggaran untuk bisa membangun dan mengelolah sebuah situs web yang profesional familiar untuk remaja.
Writing Revolution telah memiliki jaringan yang sangat luas dengan anggota berasal dari hampir seluruh kota di Indonesia serta luar negeri. Dengan adanya jaringan yang luas ini, diharapkan program pendampingan menulis dan membaca akan lebih efektif dan tepat sasaran dengan hasil yang lebih maksimal.

Masalah yang Diangkat

Masalah anggaran pembuatan situs web yang representatif ditambah dengan biaya operasionalnya. Di samping itu, kami juga membutuhkan pelatihan dan pendampingan dalam mengelolah situs tersebut sehingga anggota tim kami bisa bekerja maksimal. Tentunya dalam membuat, mengelolah dan memberdayakan situs belajar menulis online tersebut membutuhkan anggaran yang terbilang besar. Karena itulah, kami mengajukan proposal ini semoga mendapat supor dana dan pendampingannya.

Solusi

Membuat blog dan grup di facebook untuk mendampingi sekaligus menampung tulisan anggota Writing Revolution. Langkah ini sudah lebih maju selangkah dalam pendampingan menulis kreatif yang kami adakan. Namun upaya ini masih terbatas dan dibutuhkan adanya media online yang memungkinkan dalam melakukan pendampingan menulis bagi anggota kami. Pihak yang diuntungkan adalah kalangan pelajar SMP, SMA dan mahasiswa, kisaran umur (12 sampai 22 tahun), di 20 kota terutama di luar Jawa seperti Padang, Pekanbaru, Medan, Lampung, Jambi, Tanjungpinang, Bengkulu, Makassar, Manado, Palu, Kendari, Ternate, Banjarmasin, Pontianak, Samarinda, Palangkraya, Ambon, Bali, Mataram, dan Jayapura.

Target

kalangan pelajar SMP, SMA dan mahasiswa, kisaran umur (12 sampai 22 tahun), di 20 kota terutama di luar Jawa seperti Padang, Pekanbaru, Medan, Lampung, Jambi, Tanjungpinang, Bengkulu, Makassar, Manado, Palu, Kendari, Ternate, Banjarmasin, Pontianak, Samarinda, Palangkraya, Ambon, Bali, Mataram, dan Jayapura.

Indikator Sukses

Indikasi sebagai barometer keberhasilan program ini adalah kami akan mengadakan seleksi menulis sejenis lomba yang dilakukan secara online dan peserta pendampingan tersebut harus mengikutinya, hasil seleksi akan dibukukan yang kemudian disebar kembali kepada mereka.

Lokasi

Pekanbaru, Riau

Dana yang Dibutuhkan

115 Juta Rupiah

Durasi Proyek

November 2011 sampai Oktober 2012 (1 tahun)