Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

378 - Memantau Jurnalisme, Mengabdi pada Masyarakat!


Nama Inisiator

www.lookriau.com

Organisasi

www.lookriau.com

Topik

Pemantauan media

Deskripsi Proyek

lookriau.com menilai informasi yang hadir ditengah masyarakat; baik lewat media cetak atau portal, harus diperhatikan dan dikritisi. Nah, ada dua tahap yang harus dibenahi; khususnya di Riau. Pertama, peningkatan SDM si wartawan. Wartawan muda harus selalu dididik untuk menyajikan infomasi yang benar dan bertanggung jawab. Kedua, isi berita yang sampai di masyarakat. Banyak sekali tidak sampai pada kebenaran dan tak disiplin verifikasi.
lookraiu.com hadir untuk mengkritisi pemberitaan media mainstream yang tidak patuh pada pada Elemen-elemen Jurnalisme, misal pada kebenaran dan disiplin verifikasi, yang akan kami tuangkan dalam bentuk tulisan feature dan atau narasi.

Masalah yang Diangkat

Ada dua persoalan akan kami atasi. Mutu SDM wartawan muda. Wartawan muda condong terpengaruh kualitas media mainstream yang tak bisa membedakan antara redaksi dan bisnis. Persoalan ini harus dididik.

Kedua, soal pemberitaan oleh media mainstream. Acap kali tak patuh, misal salah satunya pada elemen kebenaran dan verifikasi. Nah, ini harus dipantau, dan masyarakat harus tahu perilaku media seperti ini, sehingga tak salah dalam mengambil kebijakan untuk dirinya sendiri.

Solusi

Ada dua program yang kami gunakan. lookriau.com akan menyajikan tulisan mengkritisi pemberitaan media mainstream di Riau, yang sering tak patuh pada kaidah Jurnalisme yang baik; kami mengacu pada Sembilan elemen jurnalisme. Contoh sederhana, soal By Line, Fire Wall, dan Verifikasi. lookriau.com juga akan meliput topic-topik menarik yang tak di reportase mendalam oleh media mainstream; ntah karena kebijakan media, atau ketidak pahaman si wartawan. Kami akan sajikan juga dalam bentuk video.

Kedua, lookriau.com akan taja Sekolah Jurnalis Multimedia selama sebulan. Ada tiga bidang materi; penulisan, new media, dan video maker. Sekolah ini akan mendidik perilaku sampai skill si wartawan muda. Pihak yang diuntungkan adalah wartawan muda, media mainstream, masyarakat, di Riau.

Target

Wartawan Muda, Media Mainstream, Masyarakat, di Riau.

Indikator Sukses

Pertama, wartawan muda peserta Sekolah Jurnalistik Multimedia mulai sadar arti penting jadi wartawan, dan mulai berkampanye atau mengkritisi pemberitaan media mainstream yang ngaco. Dan mengampanyekannya lewat jejaring sosial.

Munculnya sebuah tulisan yang bagi masyarakat jadi alat untuk melihat perilaku media mainstream dalam menyajikan berita, sehingga jadi bahan pertimbangan dalam menentukan nasibnya sendiri.

Lokasi

Riau

Dana yang Dibutuhkan

444 Juta Rupiah

Durasi Proyek

November 2011 – April 2012