Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

368 - I shot: Video Buletin


Nama Inisiator

Christina Puspita Sari

Organisasi

NA

Topik

Meretas batas- kebhinekaan bermedia

Deskripsi Proyek

Media online yang memberikan perspektif kritis-alternatif atas produksi makna yang dihasilkan media arus utama dengan format video. Selain website, juga dipilih jalur distribusi jejaring sosial yang dapat diakses dengan mudah oleh berbagai lapisan kalangan.

Masalah yang Diangkat

Semakin menguatnya hegemoni wacana yang diproduksi oleh media arus utama menyebabkan terjadinya keterbatasan ruang bagi wacana-wacana alternatif yang disampaikan dengan kemasan yang cerdas dan bahasa yang lugas tapi tetap dengan tidak mengesampingkan perspektif kritis. Selain itu fakta bahwa budaya visual lebih banyak menarik minat secara kuantitas dibandingkan budaya membaca.

Solusi

Mengemas hasil-hasil pemikiran kritis dalam memandang masalah kedalam bentuk visual dan menyediakan ruang pertukaran gagasan dari hasil penayangan. Menggalang kerjasama dengan beberapa komunitas untuk produksi pemikiran dengan perspektif yang lebih majemuk. Masyarakat melek media usia 17-40 tahun akan diuntungkan melalui program ini.

Target

Masyarakat melek media usia 17-40 tahun

Indikator Sukses

Produksi berjalan berkelanjutan dengan partisipasi aktif dari berbagai pihak. Meluasnya pendistribusian melalui media jejaring sosial. Adanya respon balik dan ruang yang kondusif untuk terciptanya pertukaran gagasan.

Lokasi

Solo

Dana yang Dibutuhkan

147 Juta Rupiah

Durasi Proyek

1 tahun, dimulai 3 bulan setelah program ini disetujui (video buletin akan diproduksi dua kali setiap bulannya dalam satu tahun)