Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

365 - Colek Tahajud Indonesia


Nama Inisiator

Jangan Mengeluh, Sahabatku

Organisasi

Jangan Mengeluh, Sahabatku

Topik

Konten Lokal,Teknologi Tepat Guna,Strategi Kreatif

Deskripsi Proyek

Proyek ini bertujuan untuk saling membangunkan antar peserta program Colek Tahajud Indonesia dalam melaksanakan shalat tahajud dengan cara saling me-missed call. Program ini telah berjalan sejak Desember 2010 dengan jumlah pendaftar ratusan orang hingga September 2011.

Para peserta berasal dari berbagai provinsi di Indonesia mulai dari Aceh hingga Merauke. Bahkan beberapa peserta berdomisili di luar negeri. Diantaranya adalah, Malaysia, Hongkong, Taiwan, Kazakshtan, dan Arab Saudi. Hongkong salah satu daerah luar negeri yang memiliki peserta Colek Tahajud Indonesia yang lebih banyak dari yang lain.

Masalah yang Diangkat

[1] Semakin banyaknya jumlah pendaftar dan rumitnya pengelolaan data, dibutuhkan aplikasi yang dapat mengatasi masalah tersebut.
[2] Karena sebagian besar dari program ini melibatkan media sms, maka diperlukan aplikasi dan media yang terintegrasi dengan SMS Gateway.
[3] Untuk menjalin silaturahim antar sesama anggota, dan mengetahui anggota lain yang di-missed call dan me-missed call, maka diperlukan aplikasi yang ada di point sebelumnya terintegrasi dengan Jejaring Sosial khusus komunitas Colek Tahajud Indonesia.
[4] Media promosi yang belum maksimal.
[5] Banyaknya peserta yang nomor handphonenya tidak aktif lagi. Sehingga perlu update data dari peserta tersebut.
[6] Sering terjadi cross call ketika menghubungi peserta yang ada di luar Indonesia. Sehingga nomor yang dituju beralih ke orang lain yang tak dikenal. Maka dari itu, dibutuhkan Asisten CTI khusus untuk Negara tertentu.
[7] Dana yang belum ada untuk mengembangkan program ini.
[8] Bagaimana mewujudkan target setiap anggota untuk senantiasa shalat tahajud minimal seminggu sekali dan tidak bosan?

Solusi

[1] Membangun aplikasi dan server yang teritegrasi dalam mewujudkan program Colek Tahajud Indonesia yang lebih efisien dan efektif.
[2] Membuat media promosi offline, agar peserta Colek Tahajud Indonesia tidak hanya dari kalangan pengguna aktif Internet dan Facebook.
[3] Tetap mengirimkan Sms tausiyah dan penyemangat kepada seluruh anggota.
[4] Merekrut anggota yang bersedia untuk berpartisipasi dalam mengembangkan kreatifitas multimedia untuk website www.janganmengeluh.com
[5] Mengadakan silaturahim tatap muka antar anggota di tiap daerah atau mengadakan seminar gratis tentang Dahsyatnya Shalat Tahajud di berbagai kota di Indonesia.
[6] Memberikan bantuan semampunya berupa materi dan non-materi kepada anak yatim dan orang-orang yang membutuhkan bantuan.
[7] Tetap terus berdo’a kepada Allah swt agar program ini tetap berjalan kedepannya sehingga dapat memberikan manfaat untuk masyarakat Indonesia.

Yang akan diuntungkan melalui program ini adalah:
[1] Pengguna Internet yang memiliki handphone dan niat untuk rutin tahajud.
[2] Provider Seluler
[3] Pria dan wanita muslim yang tergabung di program ini dengan rentang usia 17-27 Tahun penduduk Indonesia dengan berbagai Profesinya.
[4] Para TKI Muslim di Hongkong dan Negara-negara Tetangga.

Target

1. Pengguna Internet yang memiliki handphone dan niat untuk rutin tahajud. 2. Provider Seluler 3. Pria dan wanita muslim yang tergabung di program ini dengan rentang usia 17-27 Tahun penduduk Indonesia dengan berbagai Profesinya. 4. Para TKI Muslim di Hongkong dan Negara-negara Tetangga.

Indikator Sukses

[1] Semakin terbiasanya para anggota untuk senantiasa melaksanakan shalat tahajud dan membangunkan anggota yang lainnya.
[2] Keberhasilan akan dicapai jika 75 % anggota telah mampu melaksanakan shalat tahajud dengan rutin minimal seminggu sekali.
[3] Semakin bertambahnya para pendaftar dari Indonesia yang ingin bergabung di program Colek Tahajud Indonesia ini.
[4] Terciptanya karya kreatif di website janganmengeluh.com

Lokasi

Bandung

Dana yang Dibutuhkan

550 Juta Rupiah

Durasi Proyek

Desember 2011 – Desember 2013 (2 Tahun)