Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

358 - Cara Pintar Nonton TV – Blog Edukasi dan Pemantauan Media


Nama Inisiator

Hari Nugroho

Organisasi

NA

Topik

Pemantauan media

Deskripsi Proyek

Pembuatan blog sebagai media referensi, interaksi dan menumbuhkan tradisi kritis masyarakat terhadap tayangan televisi.

Masalah yang Diangkat

Kebebasan media yang kita nikmati lebih dari 10 tahun terakhir ini telah memperkaya ragam tayangan untuk dinikmati masyarakat. Namun, ini juga membawa masalah baru. Masyarakat mulai gelisah dengan kualitas berita/tayangan televisi. Terutama terhadap berita yang justru mendorong tindak kekerasan. Masalah-masalah etis seperti pelanggaran privasi dan penyebarluasan rasa kebencian semakin marak di televisi. Kepemilikan media yang terpusat juga telah membawa implikasi penggiringan opini publik untuk kepentingan pemilik media. Kepentingan bisnis yang lebih kuat dari tujuan kontrol sosial, menempatkan pemberitaan sebagai bagian dari komoditas bisnis. Pada saat yang sama, masyarakat tidak memiliki banyak saluran untuk menyuarakan kritiknya.
Pembuatan blog ini bertujuan menjadi media referensi dan pemberdayaan bagi masyarakat penonton televisi; forum dialog para ahli media/komunikasi yang suara kritisnya selama ini tidak mendapat tempat di media; pekerja media televisi yang menginginkan feedback dan input dari masyarakat untuk tayangan-tayangan mereka; serta referensi bagi pemerintah dan KPI untuk mendengar suara masyarakat dalam pengambilan keputusan.

Solusi

Membuat media alternatif dalam bentuk blog yang dikelola dengan prinsip-prinsip jurnalisme. Blog ini dikelola oleh jurnalis yang concern dengan media literacy dan bersifat interaktif. Konten blog berisi ulasan kritis terhadap tayangan televisi dalam format tulisan, video dan audio. Blog ini antara lain akan menyajikan liputan khusus (in depth); wawancara dengan korban pemberitaan media; perbincangan dengan pengelola dan pemilik media; wawancara ahli media, psikolog, kriminolog; review program tv untuk menunjukkan keunggulan dan kelemahannya berdasar pada UU, Kode Etik dan kesesuaian dengan nilai-nilai yang berlaku di masyarakat. Selain itu, blog ini akan berisi tips sederhana yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk melindungi tayangan televisi yang tidak tepat bahkan membahayakan perkembangan anak. Proyek ini akan memberikan manfaat bagi masyarakat penonton televisi, pemilik dan pengelola media televisi di seluruh Indonesia, serta mahasiswa ilmu komunikasi di seluruh Indonesia (jurnalistik, broadcast) yang membutuhkan analisis media alternatif sesuai konteks masyarakat Indonesia

Target

masyarakat penonton televisi, pemilik dan pengelola media televisi di seluruh Indonesia, serta mahasiswa ilmu komunikasi di seluruh Indonesia (jurnalistik, broadcast) yang membutuhkan analisis media alternatif sesuai konteks masyarakat Indonesia

Indikator Sukses

1. Frekuensi update konten yang kontinu dan terjadwal
2. opularitas blog, jumlah pembaca, sebaran pembaca, respon masyarakat yang dapat dipantau melalui situs pemeringkat (www.alexa.com, Google Analytics)
3. Jumlah pelanggan dan interaksi di jejaring sosial dapat dipantau melalui fasilitas FB Insights, pengikut Twitter)

Lokasi

Tangerang

Dana yang Dibutuhkan

600 Juta Rupiah

Durasi Proyek

Januari 2012 – Desember 2012 (1 tahun)