Anda berada di mode pratinjau.
| |

Pelatihan dan Pengembangan Media Online untuk Anak Panti Asuhan

355

355 - Pelatihan dan Pengembangan Media Online untuk Anak Panti Asuhan


Nomor:
355

Inisiator:
Senyum Community

Organisasi:
Senyum Community

Tanggal aplikasi:
16 September 2011

Lokasi:
Magelang, Jawa Tengah

Dana:
412 Juta Rupiah

Topik hibah:
Meretas batas – kebhinekaan bermedia

Masa Aktivitas:
Januari-Desember 2012 (1 tahun)

Deskripsi Proyek:
Program yang ditujukan kepada anak-anak yatim dan dhuafa, berupa pemberian pelatihan penggunaan media internet secara efisien, sekaligus berfungsi sebagai penyaluran minat dan ekspresi bagi anak-anak tersebut. Program ini diharapkan dapat menjadi media bagi anak-anak yang membutuhkan untuk dapat menyalurkan pendapatnya, serta membantu masyarakat luas untuk melihat realita yang ada di dunia anak yatim dan dhuafa.

Masalah yang ingin diatasi:
Terbatasnya media yang dimiliki berbagai panti asuhan yang ada di Indonesia, dan juga kurangnya pengetahuan anak-anak yatim dan dhuafa terkait teknologi informasi. Akibatnya, banyak di antara anak-anak golongan ini yang kurang dapat menggunakan internet secara tepat. Di samping itu situasi ini juga menyebabkan mereka kurang terdeteksi bakat dan minatnya, yang dapat menunjang masa depannya.

Cara mengatasi dan masyarakat yang diuntungkan:
Pemberian pelatihan penggunaan internet seperti pembuatan blog, website pribadi, serta berbagai aplikasi lainnya. Dimulai dari 9 panti asuhan di Yogyakarta yang telah menjadi bimbingan kami, untuk selanjutnya dikembangkan ke berbagai panti asuhan yang ada di DIY dan sekitarnya. Pelatihan ini melibatkan para ahli-ahli teknologi informasi yang tergabung dalam komunitas kami maupun yang menjadi mitra kami. Usaha lainnya yang akan turut dilakukan adalah dengan membantu penyaluran hasil-hasil karya dari anak-anak didik, kepada pihak-pihak yang dapat mempromosikan bakat serta minat mereka. Proyek ini akan memberikan manfaat bagi anak-anak dan remaja usia 12-23 tahun di panti asuhan yang ada di DIY dan sekitarnya. Turut diuntungkan pula pihak-pihak yang berminat memberikan bantuan untuk pengembangan serta pemberdayaan anak-anak yatim dan dhuafa, ataupun membutuhkan kompetensi yang dimiliki oleh mereka.

Ukuran kesuksesan:
Munculnya 500 media online baru, dengan masing-masing berisi minimal 4 konten per bulan.<br /> Media yang dibentuk oleh anak didik mampu bertahan / persisten di atas 1 tahun.

Perkembangan Proyek



Tidak ada aktifitas