Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

340 - Mini Seri Animasi & Komik Diary Vienetta NEGERI TERAKHIR


Nama Inisiator

Al Fitri Muhammad Zachky ( Alfi Zachkyelle )

Organisasi

NA

Topik

Meretas batas – kebhinekaan bermedia

Deskripsi Proyek

Komik Vienetta, Lagu untuk Foja yang diterbitkan oleh Koloni,M&C! Gramedia ini memotret dinamika sosial di kaki Gunung Foja Papua dengan seribu satu permasalahannya. komik ini dikemas dengan bahasa visual yang lugas dan aktual.Melalui karakter Vienetta,seorang siswi smp dan bandnya,komik ini berusaha mengkomunikasikan perbedaan antara “maju” dan “tertinggal”.Tahun 2009,Vienetta kemudian diangkat menjadi serial animasi TV oleh Trans7 sebanyak 13 episode berjudul VATALLA Sang Pelindung. Konsepnya berkembang menjadi tempat menyampaikan gagasan-gagasan baru tentang Indonesia untuk generasi mendatang. Program yang telah tayang pada akhir tahun lalu ternyata mendapat respon positif khususnya untuk segmen tween (usia 9 – 14 tahun ) dengan hasil share cukup baik.
Berdasar kepada kegiatan yang sudah dibuat ( Komik dan Animasi ) saya melihat media televisi dan buku sangat efektif dan efisien sebagai alat “penyebar” gagasan,saya kemudian mengkonsep sebuah Program lanjutan yang didasari oleh karakter terdahulu bernama VIENETTA. Program berupa mini seri animasi TV berjudul Diary Vienetta NEGERI TERAKHIR sebanyak 9 episode ( 18menit/episode ) yang akan ditayangkan di televisi dan Komik berjudul VIENETTA setebal 150 halaman yang akan diterbitkan oleh penerbit lokal.

Masalah yang Diangkat

Kurangnya alternatif tontonan dan bacaan lokal khususnya animasi dan komik Indonesia yang kritis,cerdas,provokatif,kaya akan gagasan dan menggugah inspirasi untuk generasi berikutnya

Solusi

Animasi ini mengupas lebih dalam gagasan serta permasalahan sosial yang aktual,objektif dan tidak berpihak.Karena disegmenkan untuk anak maka “pesan” dikemas secara “candy” berupa fiksi ilmiah yang membumi,ringan dengan gaya penulisan yang lugas.Penulisan scenario dilakukan oleh penulis muda dari berbagai daerah yang diharapkan muncul perspektif baru tentang Indonesia. Seperti program sebelumnya, serial ini membuka kesempatan kerja kepada para animator,komikus lokal dan praktisi dari lintas ilmu.Dan masyarakat mendapat tontonan yang bersifat edutainment.

Target

Seperti program sebelumnya, serial ini membuka kesempatan kerja kepada para animator,komikus lokal dan praktisi dari lintas ilmu.Dan masyarakat mendapat tontonan yang bersifat edutainment.

Indikator Sukses

Target audiens program ini adalah generasi mendatang atau anak-anak yang saat ini menikmati Ben10,Avatar dsb.Program ini diharapkan menjadi media alternatif yang mampu mengajak anak-anak Indonesia berfikir kritis,cerdas,mandiri,bertanggung jawab dan inovatif yang nantinya akan ikut serta mengelola bangsa ini.Dan juga mampu memahami nilai-nilai “tersembunyi” di dalam kearifan lokal.
Karena dikonsepkan seperti virus,maka 5 – 20 tahun kedepan akan tumbuh banyak tontonan animasi Indonesia yang kritis,cerdas dan provokatif yang diharapkan bisa menginspirasi generasi berikutnya.Dan program ini akan berkesinambungan secara gagasan untuk generasi satu ke generasi berikutnya.
Hasil profit dari penayangan dan penerbitan akan digunakan untuk membuat serta mengembangkan program animasi dan komik baru bagi animator dan komikus muda generasi berikutnya serta pengkaderan di dalam jaringan komunitas komik dan animasi Indonesia.

Lokasi

DKI Jakarta

Dana yang Dibutuhkan

700juta- 800juta Rupiah

Durasi Proyek

Januari – Desember 2012