Anda berada di mode pratinjau.
| |

Seluler untuk Buruh



Buruh adalah salah satu kelompok yang sering mengalami masalah ketenagakerjaan. Mereka membutuhkan informasi dengan tema-tema hukum perburuhan dan pengalaman penyelesaian kasus perburuhan. Upaya membangun media online untuk buruh sudah dilakukan, tapi buruh belum secara aktif mampu menuangkan gagasannya dalam bentuk tulisan, karena tidak memiliki perangkat komputer dan tidak terampil dalam menulis.

Dalam memanfaatkan media online, buruh memiliki sejumlah keterbatasan. Dari segi konten, buruh memiliki waktu luang yang sedikit sehingga hanya bisa mengakses konten berdurasi pendek. Misalnya, artikel yang tidak lebih dari 400 kata, video pendek, dan semacamnya. Dari segi piranti lunak, buruh mulai menggunakan handphone dengan sistem operasi tertentu, misalnnya Blackberry dan Android, sehingga perlu untuk melengkapi media website yang mobile friendly dengan aplikasi tersebut. Dari segi perangkat keras, buruh memerlukan akses internet. Biasanya mereka berlangganan paket-paket murah yang disediakan oleh operator seluler. Sebaiknya tempat-tempat perkumpulan buruh menyediakan akses internet murah atau wi-fi gratis.

Penyediaan informasi tentang hukum perburuhan, bisa disediakan oleh para advokat buruh atau pengurus serikat. Untuk pengalaman penyelesaian kasus perburuhan, bisa disediakan oleh buruh itu sendiri. Agar mudah diakses oleh buruh, informasi tersebut memerlukan website yang mobile friendly yang dilengkapi aplikasi khusus Android dan Blackberry. Kita juga bisa menciptakan pusat perkumpulan komunitas buruh yang menyediakan akses wi-fi gratis. Di komunitas ini, buruh bisa saling berbagi pengalamannya mengenai penyelesaian masalah-masalah buruh, yang selanjutnya bisa disebarluaskan melalui media website yang mobile friendly dan diperluas dengan menggunakan media cetak sederhana.

Hambatan yang perlu diantisipasi adalah 1) keterbatasan buruh dalam menulis. 2) keterbatasan akses komputer dan internet. 3) wadah komunitas yang belum maksimal memberikan pelatihan menulis 4) belum adanya aplikasi yang disesuaikan dengan sistem operasi seluler.

Sarinah, tinggal di Cikarang.

Bagian dari kelompok buruh

Tags: