Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

Hasil yang Dicapai Perkumpulan Jubi Pada Pelaporan Pertama



Situs-Laporan-Warga-Papua-Berbasis-SMS.jpg

Perkumpulan Jubi telah memberikan laporan tahap I (4 Agustus 2014-13 Maret 2015) kepada pihak CMS. Berikut hasil aktual yang telah dicapai perkumpulan pada periode tersebut.

Sejak Juli 2014 sampai dengan periode laporan ini, rata-rata 66 laporan warga diterima Situs Laporan Warga Papua (SMS frontline, email, lembar laporan dan jejaring sosial) tiap bulannya. Dari laporan yang diterima, 73 diantaranya (rata-rata 10 per bulan) telah diverifikasi dalam bentuk berita di tabloidjubi.com dan Koran Jubi.

Terkait partisipasi masyarakat, sejak sosialiasi tentang Situs Laporan Warga Papua Berbasis SMS dilakukan (melalui leaflet, pemberian insentif pulsa dan ponsel pintar serta kegiatan-kegiatan sosialisasi dalam bentuk pelatihan), jumlah partisipasi warga yang terlibat mengirimkan laporan semakin meningkat, terutama via SMS. Pada awal hibah, jumlah laporan melalui SMS hanya enam (Juli 2014). Setelah sosialisasi, laporan meningkat menjadi 24 (September 2014) dan terus bertambah hingga rata-rata SMS diterima setiap bulannya mencapai 66 laporan.

Selain itu, Perkumpulan Jubi juga telah melatih 50 masyarakat adat, 36 pemuda gereja, 40 mahasiswa yang menempuh studi di Kota Jayapura, delapan verifikator lokal untuk mengaplikasikan jurnalisme warga.

Kerja sama juga dilakukan dengan Lapor1708, Ombudsman Papua, Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Jayapura dalam upaya menindaklanjuti laporan warga.

Tags:

Hillun Vilayl Napis
31 Oct 2015


October 2015 | CC BY 4.0