Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

Bagaimana Pencapaian Proyek Monitoring Hutan Tobelo Dalam Dodaga?



Bagaimana-Suku-Tobelo-Dalam-Dodaga-mengawasi-hutan-adat-mereka-400x266-d1a070.jpg

Pada laporan tahap I yang dikirimkan oleh AMAN Malut, hal yang sudah dicapai berdasarkan indikator keberhasilan yang tertera pada proposal adalah sebagia berikut.

Indikator 1: 30% masyarakat adat Tobelo Dalam paham terhadap hak-haknya.

Sudah 25% masyarakat adat Tobelo Dalam Dodaga (terdiri dari Desa Dodaga, Dusun Rai Tukur-Tukur dan Dusun Titipa) terlibat dalam setiap proses pembahasan yang berhubungan dengan hak-hak mereka. Pengukuran dilakukan berdasarkan laporan SMS Gateway, keterlibatan masyarakat dalam pemetaan wilayah adat, pemutaran film maupun diskusi formal dan non formal di kampung, terutama untuk membahas masalah yang mereka hadapi. Misalnya saja mereka mengirim surat secara langsung kepada pihak-pihak seperti Balai Taman Nasional, Dinas Kehutanan terhadap kebijakan di wilayah adat mereka.

Indikator 2: Semakin banyak keterlibatan masyarakat adat untuk mempertahankan wilayah adat mereka.

Di Dusun Rai Tukur-Tukur, masyarakat adat sudah membuat ketentuan untuk tidak lagi menjual tanah ke pihak lain. Di Dusun Titipa, masyarakat adat mengelola kembali wilayah yang dikuasai Kehutanan. Di desa Dodaga, terus dilakukan penguatan kelembagaan adat untuk membicarakan wilayah adat. Masyarakat adat juga sudah melakukan pemetaan atas wilayah adat mereka. Terus terjadi peningkatan orang yang melapor kasus di komunitas.

Indikator 3: Setiap bulan terdapat 100 SMS terkait masalah yang terjadi di wilayah adat Dodaga dari 20 orang pelapor.

Setiap bulan SMS dari warga tidak mencapai 100. Laporan warga yang disampaikan dalam satu bulan bisa fluktuatif, bisa sampai 20 SMS, bisa kurang dari itu juga.

Indikator 4: Setiap bulan terdapat 50 SMS dari publik

Sementara SMS dari publik luar, beragam, ada SMS dari komunitas masyarakat adat di tempat lain, maupun publik yang berada di kota. Biasanya juga fluktuatif, bisa dalam satu bulan hanya 7-8 SMS

Indikator 5: Setiap 6 bulan ada 1 peta wilayah adat Tobelo Dalam Dodaga dibuat dari hasil kompilasi dari laporan warga

Peta hasil kompilasi belum dibuat

Indikator 6: Ada 1 petisi yang ditandatangi publik (kampus, media dan LSM)

Jumlah orang yang menandatangi petisi sebanyak 915 orang dan telah diserahkan kepada Pemerintah Halmahera Timur (Dinas Kehutanan) dan Taman Nasional.

Sementara itu, keterlibatan pemerintah daerah dan pihak lainnya terkait hak-hak masyarakat adat akan hutannya bisa dilihat di sini.

Tags:

hillun
28 Oct 2015


October 2015 | CC BY 4.0