Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

Menjalankan Proyek, Penerima Hibah Tidak Berjalan Sendiri



buruh-400x379-cac7e8.jpg

Dalam menjalankan proyeknya, 12 penerima hibah CMS didampingi oleh mentor. Mentor adalah individu terpilih yang diundang oleh Ford Foundation, Wikimedia Indonesia dan ICT Watch untuk menasihati, mendampingi dan berperan sebagai konsultan untuk tim penerima hibah agar proyek berjalan sesuai tujuan dan kesepakatan dengan tim CMS dari sisi isu, strategi serta aspek teknis. Mentor diwajibkan bertemu dengan penerima hibah untuk mencapai kesepakatan memetakan jalan untuk mencapai tujuan akhir penerima hibah. Berikut penjelasan lebih rinci mengenai tugas mentor.

  1. Melakukan bimbingan secara verbal ataupun tertulis pada penerima hibah minimum sebanyak tiga kali dalam durasi proyek berlangsung secara teratur. Bimbingan ini bisa diberikan dengan cara bertemu langsung atau melalui medium komunikasi lain (telepon, skype, surat elektronik, SMS/BBM/WhatsApp.

  2. Walaupun diperbolehkan menjalin komunikasi via medium lain, mentor tetap diharapkan dapat bertemu, mempertanyakan pencapaian, mengarahkan ulang visi, strategi, memberi solusi dan mengingatkan agar proyek tetap bergerak sesuai tujuan (tidak menyimpang).

  3. Mentor diharapkan dapat membaca situasi dan perubahan perubahan kebijakan, lingkungan proyek dan menjadi otoritas yang menyetujui perubahan ini (apabila ada).

Selain itu, mentor memiliki kewenangan untuk memberikan sanksi apabila penerima hibah dirasakan keluar jalur dari kesepakatan hibah, termasuk sanksi dihentikannya pendanaan selanjutnya.

Tags:

Hillun Vilayl Napis
25 Oct 2015


October 2015 | CC BY 4.0