Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

Bolehkah Penerima Hibah CMS Menerima Honorarium Selain Gaji?



cropped-logo-CMS23.png

Saat pengajuan proposal, pengaju hibah yang kini menjadi penerima hibah telah menetapkan jumlah gaji bagi individu-individu yang terlibat di dalam proyek dan disetujui oleh panitia CMS. Selama hibah berlangsung, ada individu-individu di dalam proyek yang mendapat honorarium selain gaji. Namun, honorarium seperti apa yang boleh dan tidak? Berikut penjelasan dari Siska Doviana, Manajer Proyek CMS.

Tidak Boleh

Disarankan tidak apabila individu di dalam proyek mendapat pembayaran berlipat ganda atau berlipat tiga. Ini bukan pertama kalinya panitia CMS menemukan bahwa individu di dalam proyek setelah dibayar gaji bulanan, dibayar sebagai fasilitator (apabila ada acara sendiri), dibayar pengganti transportasi serta dibayar juga uang konsumsi. Ini namanya pembayaran berlipat dan tidak diperkenankan apapun alasannya.

Boleh

Boleh apabila dibayar gaji dan diganti transportasi, ini logis dan tidak masalah, Namun, kalau sudah dibayar gaji tidak dianjurkan menerima kompensasi sebagai fasilitator atau notulen. Sebaliknya kalau tidak menerima gaji, tetapi menerima honorarium sebagai fasilitator/ notulen/ transportasi/ komunikasi sebagai persiapan dan penyelenggaraan acara, tidak masalah.

Jika memang merasa gajinya kurang, silahkan dinegosiasikan pada panitia CMS jumlah yang baru.

Tags:

Hillun Vilayl Napis
18 Oct 2015


October 2015 | CC BY 4.0