Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

Peta Persampahan Bandung: Perlu Kerja Sama dengan Instansi Pemerintah agar Pengelolaan Sampah lebih Terarah



800px-Agustus_1_2015_PPB_Audiensi_PD_Kebersihan_2-400x300.jpg

Pada bulan Agustus 2015 pengelola proyek Peta Persampahan Bandung mengadakan audiensi dengan Perusahaan Daerah (PD) Kebersihan untuk mengenalkan Bebas Sampah Indonesia (BSID) dan menjajaki kemungkinan kerja sama. Tim pengelola proyek mengusulkan dua lokakarya, pertama adalah internal PD Kebersihan, sedangkan lokakarya kedua adalah gabungan dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang lain. PD Kebersihan sebagai SKPD yang berwenang menangani masalah sampah di Kota Bandung diharapkan dapat berperan sebagai koordinator dalam menangani permasalahan sampah.

Nantinya, kerja sama yang diadakan meliputi penggunaan situs web BSID terkait data pengelolaan sampah milik PD Kebersihan selaku SKPD pelaksana operasional. Harapannya, masyarakat mendapatkan informasi dan aktif berpartisipasi, dimulai dari info pengelolaan sampah kota yang akan dimuat di dalam situs web BSID sampai pengaduan masyarakat yang lebih terarah dan tepat sasaran.

Secara garis besar ada empat hal yang dibicarakan dalam pertemuan ini, yaitu kesepakatan kerja sama, SOP respons, SOP pengelolaan data dan desain situs web. Ide besar dari kesepakatan kerja sama ini adalah bagaimana data yang sudah ada di PD Kebersihan dapat ditampilkan dan memicu masyarakat untuk berpartisipasi dan memberikan respons yang tepat. Tindak lanjut dari pertemuan dengan PD Kebersihan adalah pembuatan proposal sebagai syarat untuk membuat kesepakatan kerja sama.

Tags:

hillun
20 Sep 2015


September 2015 | CC BY 4.0