Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

Kerjabilitas.com, Menghubungkan Difabel dengan Penyedia Kerja



aku-seberdaya-kamu-350x400.jpg

Pada Maret 2015 Komunitas Saujana meluncurkan kerjabilitas.com, sebuah jaringan sosial karier yang menghubungkan difabel dengan penyedia kerja di Indonesia. Melalui situs tersebut, difabel bisa menempatkan profil mereka sebagai pencari kerja dan mengakses informasi tentang kesempatan kerja yang tersedia.

Kerjabilitas.com juga menyediakan konten mengenai kecakapan hidup dan pengembangan diri dalam bentuk teks (tips karier), audio (buku suara) serta video. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan difabel dalam menghadapi persaingan dunia kerja. Ada beberapa ketentuan untuk bergabung dalam jaringan sosial karier ini, yaitu:

  1. Difabel (difabel jenis apa pun)

  2. Usia 18 – 40 tahun

  3. Pendidikan minimal SMA/SMK/Sederajat

  4. Mampu mengoperasikan internet atau ponsel pintar berbasis Android

Sampai tanggal 10 Mei 2015 terdapat 122 difabel yang mendaftar, sebagian besar adalah tuna daksa (70 orang), tuna netra (17 orang) dan tuna rungu (13 orang).

Sementara itu, penyedia kerja yang bersedia bergabung berjumlah 42. Ada yang berupa perusahaan besar (Loreal, Carrefour, Bank CIMB Niaga, Shangrila Hotel), perusahaan kecil menengah (Purnama Service, Bambooku, Kedai Kebun, Salon Yogya) serta organisasi non-profit (Mitra Netra, Sapda Jogja, Australia Indonesia Partnership for Justice, Yayasan Penyandang Cacat Mandiri dan Wikimedia Indonesia).

Terkait jumlah penyerapan tenaga kerja, Saujana sebagai pengelola kerjabilitas.com akan menelitinya di awal Juni 2015. Untuk saat ini masih fokus untuk menjangkau pengguna, terutama penyedia kerja.

*Untuk info lebih lanjut, silakan hubungi (0274) 418958 atau info@kerjabilitas.com.

Tags:

hillun
17 May 2015