Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)
Cipta Media

Peluncuran Cipta Media Seluler


Ford Foundation Meluncurkan Cipta Media Seluler: Hibah Terbuka Untuk Perubahan Sosial Yang Lebih Adil

Jakarta, 20 Januari 2014

Ford Foundation bersama tiga organisasi pendukungnya; Wikimedia Indonesia, ICT Watch dan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) pada hari Senin, 20 Januari 2014 tepat pada pukul 13:00 WIB meluncurkan “Cipta Media Seluler” secara daring (online) via situs ciptamedia.org. Hibah terbuka untuk publik ini diharapkan mampu merangsang upaya-upaya perubahan sosial yang lebih adil menggunakan teknologi seluler. Tiga kategori permintaan hibah yang bisa diminta adalah (1) Produksi dan penyampaian konten; (2) Rekayasa piranti lunak; (3) Rekayasa perangkat keras.

Upaya seluler menjadi fokus untuk pemberian hibah ditahun 2014 karena akses masyarakat dalam penggunaan seluler tinggi dan medium ini digunakan oleh lintas kelompok pendapatan, baik di desa maupun di kota. Pemanfaatan teknologi seluler untuk upaya sosial dirasa belum dieksplorasi dengan maksimum di Indonesia dimana pelaku industri tetap memperlakukan pengguna seluler berpenghasilan rendah sebagai konsumen, dan bukan produsen konten yang dapat diaktifkan untuk menghasilkan pengetahuan dalam ekonomi informasi. Sementara peneliti dan wartawan yang mengikuti industri seluler cenderung lebih fokus pada pertumbuhan penggunaannya oleh masyarakat Indonesia dan bukan menggali kemungkinan ponsel dalam menyelesaikan masalah kepentingan publik.

Dibandingkan medium lain seperti video, radio, dan web, penggunaan seluler untuk perubahan sosial dirasa lambat dikembangkan karena membutuhkan upaya ekstra dari pelaku perubahan sosial dalam mengorganisir penerima manfaatnya.

Heidi Arbuckle sebagai kepala bidang media dari Ford Foundation Indonesia berharap bahwa hibah ini dapat merangsang dan mengajak masyarakat untuk ikut peduli tentang hak dan tanggung jawab mereka sebagai pengguna teknologi seluler dan pelaku media. Karena benang merah yang sama dari persoalan-persoalan mendasar di dunia adalah pergulatan dalam menciptakan kehidupan sosial yang lebih adil untuk semua.

Hibah senilai USD 750.000 (senilai 9 milyar rupiah dengan nilai tukar sekarang) akan mulai diturunkan untuk penerima hibah terpilih pada bulan Agustus 2014 secara bertahap.

Seleksi akan dilakukan oleh Tim Seleksi Awal dan publik untuk memilih kandidat penerima hibah terbaik yang kemudian akan diteruskan pada Tim Seleksi Akhir untuk dikaji ulang. Publik sebagai penerima manfaat dapat ikut mendukung mengisi jajak pendapat kebutuhan secara daring (online), memberikan dukungan via SMS dan penyebaran via media sosial.

Penentuan penerima hibah akan dilakukan oleh Tim Seleksi Akhir yang terdiri dari tim independen dengan berbagai latar belakang keahlian yang akan melakukan wawancara dengan calon penerima hibah.

Publik yang memiliki pertanyaan mengenai hibah dapat bertanya via SMS 0877-8880-2262, sementara formulir permintaan hibah Cipta Media Seluler dapat diisi daring (online) di ciptamedia.org. Penerimaan permintaan hibah ditutup pada 20 April 2014, sementara pengumuman penerima hibah akan dilakukan pada 20 Juni 2014.


Formulir Aplikasi Hibah Cipta Media Seluler

Cipta Media Seluler adalah hibah terbuka yang mengajak individu atau organisasi memunculkan inisiatif-inisiatif perubahan sosial yang lebih adil dengan menggunakan teknologi seluler. Hibah ini menyediakan dukungan sebesar 750 ribu dolar AS bagi inisiatif-inisiatif terbaik yang dapat dimodifikasi dan direplikasi untuk daerah lain dengan menggunakan teknologi seluler untuk perubahan sosial yang lebih adil.

Identitas

Data pribadi Anda hanya akan digunakan oleh panitia untuk keperluan internal Cipta Media Seluler dan untuk menghubungi Anda apabila permohonan hibah Anda diterima. Kami menghargai privasi Anda dan data ini tidak akan dipublikasikan ataupun dibagi kepada pihak lain. Harap memasukkan data yang akurat.
1. Nama Lengkap *
Silakan mencantumkan nama Anda sesuai yang tertera di kartu identitas diri.
2. Alamat Lengkap *
Silakan mencantumkan alamat lengkap Anda sesuai yang tertera di kartu identitas diri.
3. Nomor KTP / SIM / Paspor *
Silakan mencantumkan nomor kartu identitas yang masih berlaku.
4. Tempat Lahir *
5. Tanggal Lahir *
6. Jenis kelamin *
7. Nomor Telepon *
Silakan mencantumkan nomor telepon rumah maupun kantor Anda. Mohon masukkan angka saja, tanpa tanda + atau -. Contoh format: 0216554433.
8. Nomor HP *
Silakan mencantumkan nomor telepon genggam Anda. Mohon masukkan angka saja, tanpa tanda + atau -. Contoh format: 0818998877.
9. Alamat surel (email) *
Upaya menjangkau anda oleh panitia Cipta Media Seluler akan dikirimkan melalui surel. Pastikan Anda mencantumkan alamat surel yang AKTIF.
10. Situs Web/ blog
Apabila ada, mohon mencantumkan situs web pribadi atau blog Anda.
11. Facebook
Apabila ada, mohon mencantumkan akun Facebook Anda. Contoh format: facebook.com/ciptamedia
12. Twitter
Apabila ada, mohon mencantumkan akun Twitter Anda. Contoh format: @ciptamedia
13. Bidang apa yang Anda tekuni saat ini? *
Silakan mencantumkan bidang keahlian Anda. Contoh: produksi konten, media komunitas, pengembangan piranti lunak, pengembangan piranti keras, atau pekerjaan anda saat ini yang terkait, dst
14. Sudah berapa lama Anda bekerja di bidang tersebut? *
Contoh: 4 tahun / 2 tahun / 5 bulan.
15. Aktivitas atau inisiatif yang telah dan/atau sedang dilakukan
Apabila ada, mohon jelaskan aktivitas yang Anda jalani ataupun inisiatif yang Anda prakarsai baik yang berhubungan dengan bidang seluler dan perubahan sosial maupun bidang lainnya.
16. Penghargaan yang pernah diperoleh
Apabila ada, mohon cantumkan penghargaan pribadi yang pernah Anda peroleh yang sekiranya relevan.

Intitusi Terkait

17. Apakah hibah yang Anda minta terkait institusi, organisasi, perusahaan atau komunitas tertentu?

Identitas Organisasi

Nama legal organisasi *
Apabila institusi terkait merupakan badan yang disahkan secara hukum di Indonesia, mohon cantumkan nama legal institusi tersebut. Apabila hanya komunitas, mohon cantumkan nama komunitas tersebut.
Misi organisasi *
Secara singkat, jelaskan misi apa yang ingin dicapai oleh institusi terkait
Status organisasi
Silakan mencantumkan status organisasi Anda secara legal (apabila ada: perkumpulan atau yayasan), atau lainnya seperti komunitas.
Tahun berdiri organisasi *
Jabatan Anda di organisasi *
Silakan cantumkan jabatan yang saat ini Anda pegang di organisasi terkait
Jumlah anggota organisasi *
Silakan mencantumkan jumlah anggota yang tercatat di organisasi terkait.
Situs web organisasi
Apabila ada, mohon mencantumkan situs web organisasi terkait.
Facebook
Apabila ada, mohon mencantumkan akun Facebook dari organisasi terkait. Contoh format: facebook.com/ciptamedia
Jumlah penyuka Facebook
Apabila Anda telah mencantumkan akun Facebook organisasi, mohon cantumkan jumlah penyuka (like) akun tersebut.
Twitter
Apabila ada, mohon mencantumkan akun Twitter dari organisasi terkait. Contoh format: @ciptamedia
Jumlah pengikut Twitter
Apabila Anda telah mencantumkan akun Twitter organisasi, mohon cantumkan jumlah pengikut (follower) akun tersebut.
Pengalaman organisasi *
Secara singkat, jelaskan pencapaian apa saja yang telah berhasil diraih oleh organisasi terkait.
Penghargaan yang pernah diperoleh
Apabila ada, mohon cantumkan penghargaan yang pernah diperoleh organisasi terkait.

Anggota Tim

Apabila ada, mohon cantumkan anggota tim yang akan terlibat dalam proyek Anda.
18. Anggota Tim 1
19. Peran / Jabatan Anggota Tim 1
20. Anggota Tim 2
21. Peran / Jabatan Anggota Tim 2
22. Anggota Tim 3
23. Peran / Jabatan Angggota Tim 3

Kategori Hibah

Cipta Media Seluler memiliki tiga kategori hibah, yaitu Produksi dan Penyampaian Konten, Rekayasa Piranti Lunak, dan Rekayasa Perangkat Keras.

PRODUKSI DAN PENYAMPAIAN KONTEN

Pembiayaan hibah untuk kategori ini meliputi kegiatan produksi dan penyampaian konten multimedia (teks, video, games, ringtone, audio, animasi) yang dapat diakses perangkat seluler. Konten yang diutamakan adalah yang bermuatan lokal dan mengusung kebhinekaan (keberagaman) untuk perubahan sosial yang lebih adil.

REKAYASA PIRANTI LUNAK

Pembiayaan hibah untuk kategori ini meliputi kegiatan penciptaan, optimalisasi dan modifikasi piranti lunak atau platform baru maupun yang sudah ada yang dapat digunakan dengan perangkat seluler.

REKAYASA PERANGKAT KERAS

Pembiayaan hibah untuk kategori ini meliputi kegiataan penciptaan dan modifikasi perangkat keras dalam memanfaatkan teknologi seluler seperti jaringan wi-fi, bluetooth, peer to peer, dan seluler. Termasuk didalamnya penambahan perangkat ekstra agar perangkat sebelumnya berfungsi spesifik untuk masyarakat dengan kebutuhan khusus dalam berkomunikasi.

24. Termasuk dalam kategori apa permohonan hibah yang Anda ajukan?

Produksi dan Penyampaian Konten

25. Judul proyek atau ide *
Silakan mencantumkan judul proyek Anda.
26. Deskripsi proyek *
Jelaskan proyek Anda secara singkat.
27. Apakah inisiatif ini baru atau sudah pernah dijalankan sebelumnya? *
28. Penjelasan inisiatif sebelumnya
Apabila proyek ini sudah dijalankan sebelumnya, berikan penjelasan singkat mengenai inisiatif tersebut (keberhasilan maupun tantangan).
29. Definisi masalah *
Jelaskan masalah yang ingin Anda atasi secara singkat. Gunakan kata yang singkat, lugas, dan jelas. Untuk mudahnya, Anda dapat mengisi tujuan dari proyek Anda di sini.
30. Bagaimana Anda akan mengatasinya? *
Jelaskan bagaimana Anda akan mengatasi masalah tersebut. Gunakan kata yang singkat, lugas, dan jelas. Anda dapat memberi contoh aktifitas yang ingin Anda lakukan di sini.
31. Berapa lama aktivitas ini akan dilangsungkan? *
Jelaskan berapa lama proyek Anda akan berlangsung. Contoh: September 2014-Februari 2015 [enam bulan]. CATATAN: Pembiayaan hanya diberikan untuk aktivitas dengan durasi MAKSIMAL 1 (satu) tahun.
32. Bagaimana Anda mengukur keberhasilan upaya Anda? *
Jelaskan tolak ukur keberhasilan Anda, secara singkat dan spesifik. Contoh: Pengguna meningkat sejumlah minimal 1,000 per bulan.
33. Apabila ada, sebutkan komunitas lain pendukung inisiatif Anda.
34. Tipe konten seperti apa yang akan diciptakan, ditukar ataupun disebarkan melalui upaya Anda? *
Jelaskan secara singkat dan spesifik. Contoh: teks informasi cuaca, video edukatif, peta lokasi bencana, dan sebagainya.
35. Siapa yang akan diuntungkan dari upaya yang Anda lakukan (target pengguna / penerima manfaat) dan di mana lokasi mereka? *
Jelaskan secara spesifik. Contoh: Mahasiswa 19-23 tahun di 5 Universitas di Jabodetabek.
36. Bagaimana strategi distribusi Anda dalam menyebarkan konten? *
Jelaskan secara singkat dan spesifik
37. Berapa kuantitas output konten yang akan diciptakan atau disebarkan? *
Contoh: Apabila ide Anda adalah mengelola SMS app, jelaskan berapa banyak yang terkirim atau diterima per harinya. Apabila ide Anda adalah konten dalam bentuk video, jelaskan berapa banyak video yang akan diciptakan dan dengan durasi berapa menit.
38. Apabila relevan, apakah Anda bersedia bekerja sama dengan salah satu atau beberapa penyedia jasa sambungan seluler untuk upaya Anda? *
39. Apabila Anda menjawab TIDAK, berikan penjelasan singkat mengapa.
40. Lisensi *
Silakan pilih lisensi apa yang akan Anda gunakan untuk hasil konten yang dibiayai dari hibah.

Rekayasa Piranti Lunak

25. Judul proyek atau ide *
Silakan mencantumkan judul proyek Anda.
26. Deskripsi proyek *
Jelaskan proyek Anda secara singkat.
27. Apakah inisiatif ini baru atau sudah pernah dijalankan sebelumnya? *
28. Penjelasan inisiatif sebelumnya
Apabila proyek ini sudah dijalankan sebelumnya, berikan penjelasan singkat mengenai inisiatif tersebut (keberhasilan maupun tantangan).
29. Definisi masalah *
Jelaskan masalah yang ingin Anda atasi secara singkat. Gunakan kata yang singkat, lugas, dan jelas. Untuk mudahnya, Anda dapat mengisi tujuan dari proyek Anda di sini.
30. Bagaimana Anda akan mengatasinya? *
Jelaskan bagaimana Anda akan mengatasi masalah tersebut. Gunakan kata yang singkat, lugas, dan jelas. Anda dapat memberi contoh aktifitas yang ingin Anda lakukan di sini.
31. Berapa lama aktivitas ini akan dilangsungkan? *
Jelaskan berapa lama proyek Anda akan berlangsung. Contoh: September 2014-Februari 2015 [enam bulan]. CATATAN: Pembiayaan hanya diberikan untuk aktivitas dengan durasi MAKSIMAL 1 (satu) tahun.
32. Bagaimana Anda mengukur keberhasilan upaya Anda? *
Jelaskan tolak ukur keberhasilan Anda, secara singkat dan spesifik. Contoh: Pengguna meningkat sejumlah minimal 1,000 per bulan.
33. Apabila ada, sebutkan komunitas lain pendukung inisiatif Anda.
34. Tipe aplikasi atau piranti lunak seperti apa yang akan diciptakan atau dimodifikasi melalui upaya Anda? *
Jelaskan secara singkat.
35. Mengapa aplikasi atau piranti lunak yang Anda jelaskan sebelumnya penting untuk diciptakan atau dimodifikasi? *
Jelaskan secara singkat.
36. Bagaimana strategi Anda dalam mempromosikan aplikasi atau piranti lunak tersebut? *
Jelaskan secara singkat.
37. Siapa yang akan diuntungkan dari upaya yang Anda lakukan (target pengguna / penerima manfaat) dan di mana lokasi mereka? *
Jelaskan secara spesifik dan singkat. Contoh: Mahasiswa 19-23 tahun di 5 Universitas di Jabodetabek.
38. Bagaimana Anda membuat aplikasi atau piranti lunak tersebut bisa digunakan secara optimal oleh target pengguna yang Anda sasar? *
Jelaskan secara singkat.
39. Apabila relevan, apakah Anda bersedia bekerja sama dengan salah satu atau beberapa penyedia jasa appstore untuk upaya Anda? *
40. Apabila Anda menjawab TIDAK, berikan penjelasan singkat mengapa.
Silakan pilih lisensi apa yang akan Anda gunakan untuk hasil konten yang dibiayai dari hibah.
41. Lisensi *
Silakan pilih lisensi apa yang akan Anda gunakan untuk hasil piranti lunak yang dibiayai dari hibah.

Rekayasa Perangkat Keras

25. Judul proyek atau ide *
Silakan mencantumkan judul proyek Anda.
26. Deskripsi proyek *
Jelaskan proyek Anda secara singkat.
27. Apakah inisiatif ini baru atau sudah pernah dijalankan sebelumnya? *
28. Penjelasan inisiatif sebelumnya
Apabila proyek ini sudah dijalankan sebelumnya, berikan penjelasan singkat mengenai inisiatif tersebut (keberhasilan maupun tantangan).
29. Definisi masalah *
Jelaskan masalah yang ingin Anda atasi secara singkat. Gunakan kata yang singkat, lugas, dan jelas. Untuk mudahnya, Anda dapat mengisi tujuan dari proyek Anda di sini.
30. Bagaimana Anda akan mengatasinya? *
Jelaskan bagaimana Anda akan mengatasi masalah tersebut. Gunakan kata yang singkat, lugas, dan jelas. Anda dapat memberi contoh aktifitas yang ingin Anda lakukan di sini.
31. Berapa lama aktivitas ini akan dilangsungkan? *
Jelaskan berapa lama proyek Anda akan berlangsung. Contoh: September 2014-Februari 2015 [enam bulan]. CATATAN: Pembiayaan hanya diberikan untuk aktivitas dengan durasi MAKSIMAL 1 (satu) tahun.
32. Bagaimana Anda mengukur keberhasilan upaya Anda? *
Jelaskan tolak ukur keberhasilan Anda, secara singkat dan spesifik. Contoh: Pengguna meningkat sejumlah minimal 1,000 per bulan.
33. Apabila ada, sebutkan komunitas lain pendukung inisiatif Anda.
34. Tipe perangkat keras seperti apa yang akan diciptakan atau dimodifikasi melalui upaya Anda? *
Jelaskan secara singkat.
35. Mengapa perangkat keras tersebut penting untuk diciptakan atau dimodifikasi? *
Jelaskan secara singkat.
36. Siapa yang akan diuntungkan dari upaya yang Anda lakukan (target pengguna / penerima manfaat) dan di mana lokasi mereka? *
Jelaskan secara spesifik dan singkat. Contoh: Mahasiswa 19-23 tahun di 5 Universitas di Jabodetabek.
37. Bagaimana strategi Anda dalam mempromosikan perangkat keras tersebut kepada target pengguna? *
Jelaskan secara singkat.
38. Bagaimana Anda membuat perangkat keras tersebut bisa digunakan secara optimal oleh target pengguna? *
Jelaskan secara singkat.
39. Apabila relevan, apakah Anda bersedia bekerja sama dengan salah satu atau beberapa penyedia jasa appstore untuk upaya Anda? *
40. Apabila Anda menjawab TIDAK, berikan penjelasan singkat mengapa.
Silakan pilih lisensi apa yang akan Anda gunakan untuk hasil konten yang dibiayai dari hibah.
41. Lisensi *
Silakan pilih lisensi apa yang akan Anda gunakan untuk hasil perangkat keras yang dibiayai dari hibah.

Dana Hibah

Jumlah dana hibah harus realistis dan secara konsisten menunjukkan biaya atas apa yang ingin dilakukan, berapa jumlah orang yang akan melakukannya, serta mencerminkan rentang waktu (lama) aktivitas.
42. Jumlah dana (anggaran) yang diminta *
Silakan mencantumkan, dalam Rupiah, jumlah dana yang diminta untuk proyek Anda.

Persetujuan

Pernyataan Pemohon Hibah *
Saya menyetujui untuk menerima tanggung jawab dalam pelaksanaan proyek dan untuk menyediakan laporan dan informasi yang dibutuhkan apabila saya mendapatkan hibah sebagai hasil dari permohonan ini. Saya menerima seluruh persyaratan dan kondisi yang berlaku, termasuk kesediaan waktu dan kepatutan saya sebagai subyek hukum, dan kebijakan privasi. Saya menyatakan untuk melepaskan seluruh informasi dan kekayaan intelektual yang saya tuliskan di formulir ini dalam lisensi CC-BY-SA 3.0 (Creative Commons).

Logo Proyek

Kami membutuhkan GAMBAR atau LOGO proyek yang Anda ajukan untuk ditampilkan di situs Cipta Media Seluler.

Berkas gambar yang diperbolehkan untuk diunggah adalah berkas dengan ekstensi .jpg, .jpeg, .png, dan .gif, dan dengan ukuran dibawah 1MB. Resolusi gambar yang diperbolehkan adalah 500 x 500 pixel.

UNTUK MENGUNGGAH GAMBAR TERSEBUT, SILAKAN BUKA HALAMAN BERIKUT: http://www.ciptamedia.org/gambar/
Lisensi Gambar / Logo Proyek *
Saya menyatakan untuk melepaskan gambar maupun logo proyek yang saya unggah dalam lisensi CC-BY-SA 3.0 (Creative Commons).