Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

Marsinah Mentoring 15 Oktober 2015



title: Marsinah FM - Mentoring 15 Oktober 2015 date: 2015-10-15 categories:

  • laporan
  • mentoring
  • Lingkar Suara Buruh Perempuan

Laporan Mentor Idaman Andarmosoko tahap II (tambahan)

From: idaman andarmosoko

Date: Thu, Oct 15, 2015 at 1:45 PM

Subject: Marsinah3

To: Biyanto Rebin, Siska Doviana Laporan mentor Marsinah FM, Pertemuan ketiga Idaman andarmosoko, et. al.

0. Umum

Pertemuan mentoring dilakukan pada tanggal 8 oktober 2015,mulai jam 11.00 di kantor Wikimedia Jalan Pati, Jakarta, dihadiri oleh Siska Doviana : Wikimedia Biyanto rebin : Wikimedia Idaman Andarmosoko : Mentor Dian Trisnanti : Koordinator Marsinah FM Vivi Widyawati : Keuangan Marsinah FM Pertemuan ini agak khusus karena membahas persyaratan yang harus dipenuhi untuk melanjutkan program marsinah FM dengan Cipta Media Seluler.

1. Status

Laporan keuangan dan laporan kegiatan sudah diterima, namun banyak butir-butir di laporan keuangan yang harus dimintai penjelasan atau diperbaiki. Laporan kegiatan juga sudah dikirimkan, Dalam laporan ini, capaian dan indikator capaian berkesan proyek ini perlu lebih dirumuskan dengan baik. Atas kedua hal tersebut di atas, maka pencairan dana dan kelanjutan proyek ditangguhkan sampai ada perbaikan laporan keuangan dan laporan kegiatan.

2. Tantangan

Dari percakapan pada pertemuan tersebut, diidentifikasikan tantangan sebagai berikut: Perumusan Perencanaan program Marsinah FM ditantang untuk mempunyai kapasitas yang lebih baik dalam merumuskan, merencanakan dan menjalankan programnya. Penguasaan peralatan dan operasi Sebagai Organisasi yang sudah kedua kalinya menjalankan program Radio bersama Cipta Media, maka seharusnya secara organisasi, Marsinah FM sudah bertumbuh pengalaman dalam mengurus dan mengoperasikan perangkat utama program ini. Organisasi kerja lembaga Marsinah FM juga sebaiknya mempunyai organisasi kerja lembaga yang lebih baik, supaya pekerjaan tidak mengalami kemacetan atau keterlambatan Menghadapi keterbatasan kenyataan marginalisasi buruh perempuan Setelah tantangan-tantangan internal yang disebutkan di atas dapat diatasi, maka Marsinah FM selanjutnya dihadapkan pada tantangan tentang bekerja dengan buruh perempuan, yang karena sebagai buruh dan karena sebagai perempuan mempunyai banyak kendala dalam berkegiatan 3-4.

3-4. Capaian, Perbaikan atau kemajuan dan perubahan.

Capaian capaian telah dijabarkan dalam laporan naratif, yang akan harus diperbaiki.

5. Skor Skor diwakili dengan status perbaikan laporan keuangan dan laporan kegiatan.

6. Tanggapan

Sebagian tanggapan ada pada bagian 2: tantangan. Mentor menanggapi dengan memberikan tutorial singkat tentang tahapan pencapaian kerja. Yaitu seputar bahwa ada kegiatan, hasil langsung (produk/output) kegiatan, yang berada dalam kendali penuh pelaksana. Juga tentang hal yang diakibatkan selanjutnya oleh output. Dalam hal marsinah FM. Produk outputnya adalah materi siaran, team siaran, dan kanal delivery yang terdiri dari radio pemancar FM, Website, sms, group WA. Outcome selanjutnya adalah bahwa para buruh perempuan akan membaca, dan menggunakan materi ini, sehingga mendapatkan informasi, dan juga mengalami proses pendidikan, kesadaran dan pengorganisasian. Mentor juga memberikan penjelasan tentang dasar-dasar bekerja dengan informasi,

Bahan bacaan untuk hal-hal tersebut telah dikirimkan ke Marsinah FM. Pihak Marsinah FM menyatakan memahami bahan tersebut, dapat melihat relevansinya dengan persoalan Marsinah FM, dan menyatakan niat dan kesanggupan untuk melakukan perbaikan.

Tags: