Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

195 - M-SIGAM (Mobile System Informasi Gampoeng)


Nama Inisiator

Ridwan, SST

Organisasi

TrizetSinfo

Deskripsi Proyek

Sistem ini mewujudkan kebutuhan informasi bagi pemerintah dalam mensejahterakan rakyat, dimana data dientry dari gampong langsung secara online ke aplikasi oleh perangkat gampong, dalam hal ini diberi tanggungjawab kepada pengelola administrasi gampong, sehingga tingkat keakuratan data sangat tinggi, adapun data yang harus di update setiap bulannya adalah; jumlah angka kelahiran, angka kematian, jumlah anak yatim, jumlah anak usia sekolah sesuai dengan jenjang pendidikan, dan data-data terkait dengan petensi gampong dan aset gampong, ditingkat kecamatan, kabupaten hanya melakukan pengawasan, verifikasi dan pembinaan kepada operator di gampong, informasi dari masing-masing gampong dapat konsolidasi ke tingkat kecamatan serta propinsi.
Mobile Sistem informasi Gampoeng Aceh adalah sebuah sistem aplikasi komputer berbasis web dan seluler dengan memanfaatkan jaringan Internet sebagai media komunikasi dan teknologi perangkat seluler yang bertujuan mengetahui secara jelas data jumlah orang miskin, tingkat pendidikan, umur, dan berbagai kategori lainnya yang berkaitan dengan kependudukan mulai tingkatan gampoeng (Desa). Data dapat diinput dan diupdate langsung oleh operator perangkat Gampoeng ke dalam sistem melalui internet sehingga tingkat ke akuratan data dan informasi dapat diwujudkan, karena apapun peristiwa kependudukan yang terjadi di Gampong seperti kelahiran, kematian, perkawinan, cerai dan lainnya, data dapat diupdate langsung ke sistem.

Tipe Konten

1. Aplikasi berbasis seluler yang berjalan di Platform Android dan perangkat hp yang support Java (J2ME) dan sangat mungkin untuk dimodifikasi untuk berjalan di Platform lain nya untuk informasi data Gampoeng.
2. Aplikasi web server sebagai interface untuk manajemen data oleh perangkat Gampoeng.

Masalah yang Diangkat

Sebagaimana diketahui informasi dasar untuk kemajuan pembangunan semuanya dimulai dari data tingkatan Gampoeng. Penggunaan Teknologi Informasi dewasa ini sangat beragam dalam setiap masyarakat. Masyarakat yang familiar dengan aplikasi seluler berbasis Android, iOS dan Blackberry merupakan potensi yang dapat dimanfaatkan untuk memberikan informasi tentang data Gampoeng. Proses pendataan beragam informasi Gampoeng dengan memanfaatkan perangkat Desa yang bertujuan sebagai keakuratan dataYang selama ini dalam hal informasi masih didominasi oleh media mainstream yang mayoritas. Diharapkan dengan terealisasinya proyek ini Pemerintah memperoleh Data dan Informasi yang akurat, dapat dipercaya serta bisa dipertanggungjawabkan sebagai pedoman dasar dalam menyususun program yang menyentuh langsung kepada kepentingan masyarakat.

Solusi

TrizetInfo yang merupakan sebuah lembaga teknologi informasi akan mendesain sebuah aplikasi yang dapat berjalan di perangkat seluler. Selain membangun sebuah aplikasi Data Informasi Gampoeng untuk Smartphone (Seluler), sistem Informasi juga bertujuan untuk :
1. Proses penyempurnaan data mulai tingkatan Gampoeng.
2. Memberikan pengetahuan Teknologi Informasi kepada Perangkat Gampoeng.
3. Setiap terjadi peristiwa kependudukan di Gampoeng, seperti kematian, kelahiran, perkawinan, cerai dan perpindahan dapat dilakukan updating langsung ke sistem melalui jaringan Internet.
4. Memaksimalkan fungsi perangkat Gampoeng.
5. Membangun website pusat informasi Gampoeng.

Strategi Distribusi

1. Strategi promosi aplikasi m-Gampoeng dilakukan dengan cara penyebaran informasi melalui media massa dan jejaring sosial.
2. Penyebaran aplikasi disebarkan melalui GooglePlay Store dan jejaring sosial.
3. Sosialisasi program kepada pemerintah daerah dan perangkat Gampoeng kabupaten/Kota.
4. Verifikasi informasi yang disebarkan terlebih dahulu diverifikasi ke pemerintah Daerah.

Aplikasi didesain semenarik mungkin, bersifat universal sehingga bisa dimanfaatkan oleh berbagai lapisan masyarakat, selain itu juga melibatkan partisipasi masyarakat dan pemerintah Daerah. Aplikasi m-Gampoeng menyediakan update informasi kependudukan yang terjadi di Gampoeng dapat dilakukan updating langsung ke sistem melalui jaringan Internet.

Target Pengguna / Penerima Manfaat

Pemerintah Daerah Kabupaten /Kota

Kuantitas Output Konten

NA

Indikator Sukses

1. Adanya aplikasi m-Gampoeng dan pusat informasi data Gampoeng berbasis seluler.
2. Berfungsinya perangkat gampoeng sebagai pusat informasi keakuratan data.
3. Membantu pemerintah daerah sebagai pedoman dasar dalam penyusunan program yang menyentuh langsung kepada kepentingan masyarakat.
4. Terbangunnya pusat sistem informasi Gampoeng.

Lokasi

Pidie, Aceh

Dana yang Dibutuhkan

Rp. 500 Juta

Durasi Proyek

12 Bulan