Anda berada di mode pratinjau.
| |

Sistem Informasi Sekolah dengan Optimalisasi Penggunaan pada Perangkat Mobile

158

158 - Sistem Informasi Sekolah dengan Optimalisasi Penggunaan pada Perangkat Mobile

Sistem Informasi sekolah yang terdiri dari: – Manajemen internal sekolah berupa informasi akademik, Guru & Staff (PTK), Keuangan, Kehadiran hingga pelaporan. – Informasi untuk orang tua berupa laporan nilai, kehadiran. – Informasi yang dapat diakses oleh masyarakat umum tentang sekolah tersebut. – Dan juga terintegrasi dengan sistem yang telah ada, yaitu Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dan Paket Aplikasi Sekolah (PAS SMA &SMK) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Satu sistem yang dapat mengelola TK, SD, SMP hingga SMA.

Nomor:
158

Nama Lengkap Inisiator:
Iyan Kushardiansah

Lokasi:
Cimahi Tengah, Jawa Barat

Judul Proyek:
Sistem Informasi Sekolah dengan Optimalisasi Penggunaan pada Perangkat Mobile.

Lama Aktivitas:
6 Bulan

Target Pengguna / Penerima Manfaat:
Pengelola sekolah, Orang tua siswa dan masyarakat pada umumnya

Ukuran Keberhasilan:
– Tersedianya aplikasi Sistem Informasi Sekolah
– Terdapat 5 Sekolah yang menggunakan aplikasi ini pertama kali dalam kurun waktu program berjalan.
– Dikenal oleh pengelola sekolah lewat sosialisasi atau workshop
– 100 Unduhan aplikasi dari website resmi.

Tipe Konten:
Aplikasi Server Sistem Informasi Sekolah dengan antarmuka berbasis mobile web. dilengkapi dengan API (Application Programming Interface) untuk digunakan pada mobile apps atau lainnya.

Strategi Distribusi:
Mempromosikan aplikasi melalui website dan media sosial. Menyelenggarakan workshop yang bekerja sama dengan Jaringan Sekolah Terang Bangsa dan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kota Cirebon.<br /> <br /> Aplikasi dibuat dengan memanfaatkan teknologi yang secara umum sudah dikenal dan relatif mudah dalam penggunaannya. Menyediakan dokumentasi aplikasi sehingga mempermudah pengelola sekolah dalam memahami aplikasi dan juga memudahkan jika ingin melakukan modifikasi.

Dana yang Diminta:
Rp. 128 Juta

Deskripsi Proyek:
Sistem Informasi sekolah yang terdiri dari:<br /> – Manajemen internal sekolah berupa informasi akademik, Guru & Staff (PTK), Keuangan, Kehadiran hingga pelaporan.<br /> – Informasi untuk orang tua berupa laporan nilai, kehadiran.<br /> – Informasi yang dapat diakses oleh masyarakat umum tentang sekolah tersebut.<br /> – Dan juga terintegrasi dengan sistem yang telah ada, yaitu Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dan Paket Aplikasi Sekolah (PAS SMA &SMK) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.<br /> <br /> Satu sistem yang dapat mengelola TK, SD, SMP hingga SMA.

Definisi Masalah:
– Intergrasi dan konsistensi data siswa, tenaga pendidik, nilai, dan keuangan.<br /> – Untuk memudahkan sekolah membuat pelaporan ke dinas pendidikan.<br /> – Memudahkan penyampaian informasi ke orang tua, mengenai nilai, kehadiran siswa, data keuangan dan informasi lainnya.

Cara Mengatasi:
Membuat aplikasi berbasis mobile web yang sesuai dengan standar administrasi sekolah. dengan menggunakan piranti lunak sumber terbuka yang lumrah digunakan, sehingga memudahkan pengguna jika terjadi masalah teknis.

Perkembangan Proyek