Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

153 - HOS “HIV Online System” Media Informasi,Forum Diskusi,Diagnosa & Konsultasi HIV/AIDS


Nama Inisiator

A.Yusron Mahmudi

Organisasi

NA

Deskripsi Proyek

HOS (HIV Online System) adalah media informasi yang berupa aplikasi multiplatform dan website yang bisa di akses pengguna melalui perangkat Selular/Mobile & Komputer, Produk dari program ini adalah mobile site smartphone (Android, Blackberry,Windows Phone & Ios) yang bisa digunakan untuk mengakses berbagai informasi pengetahuan tentang HIV/AIDS ,forum diskusi, diagnosa dan konsultasi. Sumber informasi resmi diperoleh dari lembaga-lembaga yang menangani HIV/AIDS Seperti Komisi Penanggulangan Aids & Dinas Kesehatan. Untuk Konsultasi kami akan bekerja sama dengan Dokter Spesialis HIV/AIDS. Untuk menjangkau wilayah pelosok yang minim infrastruktur dan telekomunikasi, Aplikasi ini juga dilengkapi dengan layanan SMS Gatewey.

Tipe Konten

Piranti lunak berbasis mobile site yang dapat diakses melalui Android,Blackberry Windows Phone & Ios dengan menggunakan HTML5,CSS3 , Jquery Mobile,teknik penyimpanan data menggunakan PHP & MySQL.

Masalah yang Diangkat

Kasus HIV/AIDS di Indonesia masih menjadi persoalan besar.Data Kementerian Kesehatan pada Oktober 2013 menunjukkan, dari Juli sampai dengan September 2013 jumlah infeksi HIV baru yang dilaporkan sebanyak 10.203 kasus, sedangkan jumlah kasus baru AIDS yang dilaporkan sebanyak 1.983 kasus. Dari jumlah tersebut, kalangan remaja adalah salah satu kelompok dengan porsi cukup besar. Dari data tersebut tampak ancaman HIV/AIDS bagi remaja sungguh nyata. Ironisnya, sebagian besar remaja belum mengetahui secara menyeluruh soal penyakit mematikan ini. Bahkan di antara mereka menganggap, HIV sebagai penyakit yang tak berbahaya. Lebih parah lagi, banyak sekali pemahaman salah terkait HIV/AIDS. Padahal dengan pemahaman dan edukasi yang tepat, penularan dapat dicegah sehingga kematian akibat HIV/AIDS dapat dikurangi.

Solusi

-Kami akan membuat aplikasi mobile site HOS (HIV Online System) yang dapat diakses melalui berbagai macam platform (android, Blackberry,Windows Phone & Ios) dan disertai layanan SMS Gatewey, Selain aplikasi HOS dan layanan SMS Gateway, juga diperlukan beberapa aktifitas yang tujuannya untuk meningkatkan pemahaman bersama terhadap virus HIV/AIDS,diantaranya :
– Mengadakan Seminar,Sosialisasi & Penyuluhan tentang HIV/AIDS kepada masyarakat khususnya untuk kalangan remaja di Lembaga Pendidikan mulai dari tingkat SLTP,SLTA & Perguruan Tinggi yang berada di kabupaten Pasuruan dan sekitarnya (Kabupaten Probolinggo,Malang,Sidoarjo & Mojokerto).

Strategi Distribusi

-Menggunakan SMS Center, website dan media sosial (Facebook,Twitter,Google +)
-membuat iklan / sosialisasi melalui media elektronik & media cetak
-Roadshow ke Lembaga Pendidikan SLTP,SLTA & Perguruan Tinggi di Kabupaten Pasuruan
-Pembuatan dan pembagian merchandise serta souvenir kepada Pelajar & Mahasiswa

-User Interface Mobile site HOS di desain User friendly sehingga mempermudah penggunaan aplikasi tersebut.
-Sosialisasi penggunaan ke Pelajar & Mahasiswa dengan Prioritas Utama Kabupaten Pasuruan dan sekitarnya (Kabupaten Probolinggo,Malang,Sidoarjo & Mojokerto)
-Menjalin kerja sama dengan pihak Komisi Penanggulangan AIDS,Dinas Pendidikan & Kesehatan,dan Dokter Spesialis HIV/AIDS.

Target Pengguna / Penerima Manfaat

Pelajar & Mahasiswa yang berada di Kabupaten Pasuruan,Mojokerto,Sidoarjo,Probolinggo & Malang

Kuantitas Output Konten

NA

Indikator Sukses

-Terdapat 100 artikel tentang HIV/AIDS setiap bulan.
-Terdapat 10.000 member HOS (HIV Online System) dalam 1 tahun
-Terdapat 100 pengunjung website setiap hari.
-Terdapat minimal 1000 pertanyaan dan jawaban pada layanan konsultasi Online live pada (HIV Online System) dalam 1 tahun
-Terdapat 10 Dokter Spesialis yang berperan dalam pengelolaan konten dan konsultasi pada aplikasi HOS (HIV Online System)
-Mobile SiteHOS dapat diakses melalui berbagai platform dengan fungsi online dan aplikasi berjalan lancar sesuai perencanaan teknis.

Lokasi

Mojokerto, Jawa Timur

Dana yang Dibutuhkan

Rp. 389 Juta

Durasi Proyek

12 Bulan