Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

132 - Sistem Informasi Desa Terpadu (SISDESTAR)


Nama Inisiator

Heru Irawan

Organisasi

Forum Komunikasi Mahasiswa Kabupaten Pangandaran

Deskripsi Proyek

Sistem Informasi Desa Terpadu (SISDESTAR) adalah aplikasi berbasis web dan seluler. Yang di harapkan mampu menjadi pionir dalam penyebaran Informasi/konten lokal, yang selama ini belum tergali ataupun terekspose secara maksimal. Sehingga akan menciptakan masyarakat yang terbuka, informatif dan lebih komunikatif. Saat ini aplikasi yang berbasis web telah diterapkan di beberapa Desa (Pilot Project) di Kabupaten Pangandaran. Dan untuk aplikasi berbasis seluler sendiri sedang kami usahakan dalam hal ini kami bermaksud menggunakan Dana Hibah dari Cipta Media Seluler untuk perealisasiannya. Jika aplikasi seluler ini bisa terealisasi, sangat mungkin untuk di duplikasi/direkayasa untuk di terapkan di Desa-desa lain di Indonesia yang berjumlah 72.000 Desa

Tipe Konten

Aplikasi berbasis Seluler yang berjalan di platform Android dan Blackberry dan sangat di mungkinkan dimodifikasi untuk berjalan di platform yang lain.

Masalah yang Diangkat

Tujuan proyek ini adalah menciptakan masyarakat yang terbuka, melek informasi dan lebih komunikatif. Yang selama ini dalam hal informasi masih didominasi oleh media mainstream yang mayoritas memberikan informasi yang tidak relevan dengan kebutuhan masyarakat. Diharapkan dengan terealisasinya proyek ini masyarakat bisa memproduksi, mendistribusikan, serta mengkonsumsi Informasi secara mandiri. Sehingga informasi yang beredar di masyarakat lebih cerdas dan berimbang.

Solusi

Saya dan rekan-rekan di Departemen Riset Teknologi dan Informasi telah melakukan sosialisasi ke 10 Kecamatan di Kabupaten Pangandaran mengenai “Sistem Informasi Desa Terpadu” yang mendorong ketersediaan informasi/konten lokal. Dan mendapatkan apresiasi yang luar biasa, kami ingin meningkatkan kualitas layanan dengan membuat aplikasi seluler untuk mempermudah warga/masyarakat dalam memperoleh informasi.

Strategi Distribusi

Kami telah menjalin kerjasama dengan para Kepala Desa di seluruh Kabupaten Pangandaran, dan mendukung penuh proyek kami sebelumnnya yang berbasis web. Selanjutnya kami akan melakukan koordinasi dengan pemerintahan Desa untuk melakukan sosialisasi langsung untuk melakukan jika proyek yang berbasis aplikasi seluler ini bisa terealisasi. Selain itu promosi bisa dilakukan melalui aplikasi Sistem Informasi Desa Terpadu yang berbasis web.

Aplikasi dibuat semenarik mungkin, bersifat Universal sehingga bisa dimanfaatkan oleh berbagai lapisan masyarakat, selain itu aplikasi ini melibatkan partisipasi masyarakat sehingga terjadi timbal balik antara kelompok-kelompok masyarakat yang ada.

Target Pengguna / Penerima Manfaat

Masyarakat di Kabupaten Pangandaran, Pemerintah Kabupaten Pangandaran

Kuantitas Output Konten

NA

Indikator Sukses

Piranti lunak digunakan oleh seluruh Pemerintahan Desa di Kabupaten Pangandaran yang berjumlah 93 Desa. Dan digunakan juga oleh di masyarakat Desa-desa tersebut. Asumsinya jika di satu Desa ada 20 orang pengguna smartphone (Android/Blackberry) maka 93×20= 1860 orang yang akan menggunakan aplikasi ini. Dan tentunya akan semakin bertambah dengan kebutuhan masyarakat akan informasi di daerahnhya.

Lokasi

Pangandaran, Jawa Barat

Dana yang Dibutuhkan

Rp. 95 Juta

Durasi Proyek

10 Bulan