Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

104 - Komikku Pintar


Nama Inisiator

Muhammad Rikza Nashrulloh

Organisasi

NA

Deskripsi Proyek

Komikku Pintar merupakan sarana untuk meningkatkan minat membaca dan memudahkan siswa dalam memahami pelajaran sekolah yang disajikan dalam bentuk komik, inovasi yang dihadirkan berupa kerja kolaboratif antara relawan yang memberi bahan materi pelajaran, relawan yang membuat alur cerita dan relawan yang menggambar serta dilengkapi dengan fitur donasi bagi tim pembuat komik yang terdiri dari 3 elemen yang telah disebutkan.

Tipe Konten

Tipe piranti lunak Komikku Pintar berupa :
- Situs Web
- Piranti lunak seluler android, dan
- Piranti lunak seluler ios

Masalah yang Diangkat

1. Budaya membaca dikalangan masyarakat secara umum belum tercipta
2. Perhatian masyarakat terhadap peningkatan mutu pengajaran masih minim
3. Belum tersedianya piranti lunak seluler dan situs web yang menjembatani kerja kolaboratif dalam pembuatan komik yang memuat pelajaran sekolah

Solusi

1. Mendobrak budaya malas membaca dengan inovasi komik bermuatan pelajaran sekolah yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun melalui piranti lunak “Komikku Pintar”
2. Menciptakan masyarakat yang peduli akan peningkatan mutu pengajaran melalui kelompok relawan penyedia materi pelajaran, kelompok relawan pembuat alur cerita dan kelompok relawan yang menggambar.
3. Membangun “Komikku Pintar” sebagai piranti lunak seluler dan situs web yang memudahkan masyarakat (Relawan) untuk bekerja secara kolaboratif dalam pembuatan komik yang memuat pelajaran sekolah. Contoh: Membuat Komik Algoritma untuk memudahkan siswa dalam memahami Algoritma yang dilakukan secara kolaboratif sesuai dengan kelompok yang ditentukan.

Strategi Distribusi

Strategi kami dalam mempromosikan piranti lunak ini diantaranya:
– Publikasi di jejaring sosial
– Roadshow “Kommiku Pintar” ke 101 sekolah dasar serta menengah dan 7 Universitas di wilayah Priangan Timur
– Bermitra dengan Komunitas desain grafis, ikatan guru dan dosen serta Organisasi atau komunitas pendukung lainnya.

Dalam pembuatan komik kami menerapkan sistem kerja kolaboratif yang akan memunculkan ide yang brilian dalam pembuatan komik tersebut yang akan melibatkan berbagai pihak dan dimudahkan dengan akses melalui situs web dan perangkat seluler sehingga dapat digunakkan secara optimal dan komikku pintar dapat diunduh dan dicetak (bukan untuk komersil) sehingga siswa yang belum memiliki perangkat seluler dapat membaca pelajaran yang tersedia pada piranti lunak Komikku Pintar

Target Pengguna / Penerima Manfaat

Siswa 9-18 tahun dan mahasiswa 19-23 tahun di 101 Sekolah dasar serta menengah serta 7 Universitas di Wilayah Priangan Timur

Kuantitas Output Konten

NA

Indikator Sukses

Komikku Pintar dinyatakan berhasil apabila menghasilkan 100 Komik bermuatan mata pelajaran dan digunakan oleh 5.000 orang dalam waktu 1 tahun.

Lokasi

Garut, Jawa Barat

Dana yang Dibutuhkan

Rp. 212 Juta

Durasi Proyek

12 Bulan