Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

098 - Sistem Informasi Kesehatan Komunitas berbasis Masyarakat


Nama Inisiator

Denden Sofiudin

Organisasi

RelawanTIK Sukabumi

Deskripsi Proyek

Aplikasi ini dibuat untuk menyediakan informasi data tentang kesehatan masyarakat dengan melibatkan peran aktif masyarakat (RW Siaga) dan petugas kesehatan (perawat dan bidan) dalam pengisian dan pengelolaan data kesehatan di Masyarakat, dengan menggunakan media berbasis WEB, GIS, Android apps dan sms center. Aplikasi ini bisa dijadikan rujukan untuk pengambilan kebijakan, administrasi kesehatan dan database kesehatan komunitas.

Tipe Konten

1. Aplikasi berbasis Web dan Mobile, tampilan utama untuk portal infomasi yang real time berbasis Peta dan artikel kesehatan untuk upaya preventif dan promotif dan untuk RW Siaga dan Petugas ada login untuk input data.
2. Aplikasi Berbasis Android, tampilan utama berupa Peta yang bisa diview terkait titik2 tertentu, tapi juga ada login untuk RW Siaga dan petugas.
3. SMS Center, RW Siaga yang terdaftar di dalam sistem dan tidak ada koneksi internet bisa memasukkan data via sms dengan format yang sudah diatur secara sistem.

Masalah yang Diangkat

Kesehatan lingkungan dan perilaku kesehatan di masyarakat

Solusi

Pemberdayaan Masyarakat melalui gerakan prilaku pola hidup bersih dan sehat, dimana di website akan memuat upaya Preventif dan promotif terkait kesehatan komunitas dengan pendampingan dari RW Siaga dan Petugas Kesehatan (Perawat dan Bidan)

Strategi Distribusi

1. Sosialisasi di RW Siaga dan Petugas Kesehatan
2. Pelatihan penggunaan Aplikasi
3. Promosi dan Publikasi melalui media online ( Sukabumitoday.com ) dan social media ( @sukabumitoday )

RW Siaga dan Petugas Kesehatan memasukkan data kesehatan masyarakat ke dalam Aplikasi secara realtime dan berkesinambungan

Target Pengguna / Penerima Manfaat

Masyarakat dan Pemerintah Daerah Kota Sukabumi

Kuantitas Output Konten

NA

Indikator Sukses

1. Tersedianya data realtime hasil pelaporan dari RW Siaga dan Petugas Kesehatan setiap bulan
2. Piranti ini akan digunakan oleh RW Siaga dan Petugas Kesehatan ( Perawat dan Bidan ) minimal 100 RW Siaga dan Petugas Kesehatan dalam 3 bulan dari 351 RW Siaga di Kota Sukabumi

Lokasi

Cianjur, Jawa Barat

Dana yang Dibutuhkan

Rp. 350 Juta

Durasi Proyek

12 Bulan