Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

079 - Album Digital Oleh Musisi Tunanetra Indonesia


Nama Inisiator

M. Ikhwan Tariqo

Organisasi

NA

Deskripsi Proyek

Proyek ini adalah produksi audio (music) yang kesemuanya dikelolah oleh tunanetra (baik recording, editing) dan kontent audio/music diisi oleh pengamen tunanetra yang berkolaborasi dengan musisi indonesia (untuk meningkatkan pepularitas). Distribusi audio/music berbentuk album digital dan RBT, dipasarkan melalui online store seperti: iTunes, Google Play Store, juga bekerjasama dengan operator telekomunikasi untuk pemasaran RBT. Profit yang didapatkan akan dibagikan untuk semua pihak yang terlibat, dan diharap menjadi jalan bagi pengament tunanetra untuk mendapatkan penghasilan dan tidak kembali ke jalanan.

Tipe Konten

Audio music baik berbentuk album ataupun single berisi 10 lagu, yang kesemuanya (baik penyanyi, musisi, penciptalagu, produksi) oleh tunanetra.

Masalah yang Diangkat

Penyandang disabilitas, khususnya tunanetra, memiliki talenta yang mengagumkan di bidang music. Akan tetapi, karena rendahnya tingkat pendidikan, kurangnya sosialisasi ataupun minimnya cenel dan tingginya kebutuhan hidup, membuat mereka harus mengais rezeki sebagai pengamen jalanan. Proyek ini ingin mengangkat, atau juga memberikan inspirasi terhadap mereka bahwa ada peluang penghasilan yang bisa mereka dapatkan dengan memanfaatkan talenta yang mereka miliki dengan kolaborasi teknologi informasi. Diharapkan ini menjadi jalan bagi para pengamen tunanetra untuk mendapatkan penghasilan dan tidak kembali lagi kejalanan.

Solusi

Pertama, kami akan melakukan seleksi terhadap pengamen tunanetra yang berkualitas di lingkuk wilayah Jakarta dan Bandung, karena dua wilayah tersebut merupakan wilayah yang paling banyak populasi penyandang disabilitas tunanetra, selain itu jarak kedua wilayah tidak terlalu berjauhan, sehinga mudah dilakukan koordinasi. Kemudian kami akan memilih 10 pengamen dari kedua wilayah tersebut (diprioritaskan untuk tunanetra yang mencari penghasilan hanya dengan mengamen) dan akan dibuat sebuah album digital berisi 10 lagu. Setelah itu, kami akan memproduksi konten audio/music dan memasarkannya, juga melakukan sosialisasi terhadap kegiatan ini dengan bantuan artis, aktifis dan media.

Strategi Distribusi

Konten akan disebarkan melalui online store seperti: iTunes, Google Playe Store, yang banyak diakses oleh perangkat selular, juga melalui operator selular untuk penyebaran RBT. Selain itu, sosialisasi juga akan dilakukan pada situs online, social media, juga artis, aktifis dan media.

Target Pengguna / Penerima Manfaat

Yang akan diuntungkan secara langsung pengamen tunanetra yang berada di Jakarta dan Bandung yang terlibat dalam proyek ini, dan seterusnya diharapkan kegiatan ini dapat sustainable dan direplikasi oleh daerah lain.

Kuantitas Output Konten

1 album digital yang berisi 10 lagu, masing-masing lagu berdurasi kurang dari 5 menit.

Indikator Sukses

Produksi satu album digital berisi 10 lagu, pembelian berjumlah 10000 unduhan dalam rentang waktu 6 bulan.

Lokasi

Jakarta Selatan

Dana yang Dibutuhkan

Rp 100 Juta

Durasi Proyek

10 Bulan