Anda berada di mode pratinjau.
| |

Informasi Perubahan Iklim dengan SMS Gateway

069

069 - Informasi Perubahan Iklim dengan SMS Gateway

Mekanisme kerja sms Gateway menggunaka soft ware yang bernama Air Front Line (Arus Informasi Rakyat) soft ware di buat oleh LPS-AIR sesuai kebutuhan kampanye untuk mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan iklim. Proses kerjanya melalui beberapa proses dimana terjadi interaksi user dalam pengoperasian system SMS Gateway tersebut. Ketika SMS yang dikirim oleh pelapor (citizen jurnalis) yang sudah dilatih diterima oleh program SMSFrontline, maka SMSFrontline meneruskan isi SMS tersebut kepada VERIFIKATOR. Di dalam proses VERIFIKASI, SMS yang diterima di saring melalui beberapa tes kelayakan dan kecocokan, barulah untuk kemudian Sang VERIFIKATOR mengirimkan SMS kepada SMSFrontline dan Program Pengentry SMS ke dalam database web. Nah Barulah di Session atau proses terakhir ini isi SMS yang telah di filter ditampilkan ke dalam website www.borneoclimatechange.org, dikirim ke radio komunitas,SMS di kirim kepara pihak yang membutuhkan informasi tentang perubahan iklim(masyarakat,ngo,perguruan tinggi dan jurnalis), dan para pihak pembuat kebijakan (Legeslativ,Eksekutive dan Penegak Hukum), dan radio komunitas.

Nomor:
069

Nama Lengkap Inisiator:
Deman Huri

Lokasi:
Pontianak, Kalimantan Barat

Organisasi:
Lembaga Pengkajian dan Studi Arus Informasi Regional (LPS-AIR)

Judul Proyek:
Informasi Perubahan Iklim dengan SMS Gateway

Lama Aktivitas:
12 Bulan

Target Pengguna / Penerima Manfaat:
Masyarakat 17-70 tahun,Pemerintah (10 Instansi),NGO,Jurnalis dua universitas

Ukuran Keberhasilan:
1.Minimal ada 60 news /setiap bulan diterima dan dikirim ke para pihak.
2.Dalam satu bulan Terkirim informasi ke 2000 nomor nomor unik.
3.Diggunakan oleh para pihak untuk membuat kebijakan.
4.Radio komunitas meneruskan informasi dari SMS Gatway melalui siaran melalu 20 radio komunitas.
5. Dijadikan sebagai Early Warning Sistem(Sistem Perigatan Dini).

Tipe Konten:
Teks dan Photo:Perubahan Iklim,kerusakan hutan,peraian,penyelamatan hutan,konflik lahan,pertanian,energi,mitigasi dan adaptasi,redd,perhutanan sosial,masyarakat adat,penggunaan energi,flora dan fauna.

Strategi Distribusi:
1. SMS Gateway Blas terutama para pihak yang sudah dikonfirmasi bersedia menerima informasi dan server yang disiapkan oleh lebaga,<br /> 2. Melalui 20 radio komunitas<br /> 3. Media sosial twitter dan facebook.

Kuantitas Output Konten:
Minimal 2-3 berita/hari.

Dana yang Diminta:
Rp. 550 Juta

Deskripsi Proyek:
Mekanisme kerja sms Gateway menggunaka soft ware yang bernama Air Front Line (Arus Informasi Rakyat) soft ware di buat oleh LPS-AIR sesuai kebutuhan kampanye untuk mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan iklim.<br /> Proses kerjanya melalui beberapa proses dimana terjadi interaksi user dalam pengoperasian system SMS Gateway tersebut. Ketika SMS yang dikirim oleh pelapor (citizen jurnalis) yang sudah dilatih diterima oleh program SMSFrontline, maka SMSFrontline meneruskan isi SMS tersebut kepada VERIFIKATOR. Di dalam proses VERIFIKASI, SMS yang diterima di saring melalui beberapa tes kelayakan dan kecocokan, barulah untuk kemudian Sang VERIFIKATOR mengirimkan SMS kepada SMSFrontline dan Program Pengentry SMS ke dalam database web. Nah Barulah di Session atau proses terakhir ini isi SMS yang telah di filter ditampilkan ke dalam website www.borneoclimatechange.org, dikirim ke radio komunitas,SMS di kirim kepara pihak yang membutuhkan informasi tentang perubahan iklim(masyarakat,ngo,perguruan tinggi dan jurnalis), dan para pihak pembuat kebijakan (Legeslativ,Eksekutive dan Penegak Hukum), dan radio komunitas.

Definisi Masalah:
Dampak perubahan iklim telah dirasakan oleh masyarakat seperti banjir,kekeringan,longsong,kesehatan dan menurunya hasil pertanian.<br /> Masyarakat sangat butuh informasi yang tepat,cepat dan akurat(real time) tentang dampak terhadap perubahan iklim sebagai mitigasi dan adaptasi sehingga informasi tersebut bisa dijadikan Early Warning Sistem(sitem peringatan dini) terhadap perubahan iklim.<br /> Namu,selama ini media arus utama sangat minim dalam menginformasikan tentang perubahan iklim,sehingga masyarakat lemah dalam memitigasi dan adabtasi terhadap dampak perubahan iklim.<br /> Masyarakat memerlukan informasii yang bersifat real time,mudah diakses sebagai sistem peringatan dini dalam menghadapi dampak perubahan iklim.

Cara Mengatasi:
Memperkuat Distribusi Informasi Perubahan Iklim dengan menggunakan SMS Gate Way,masyarakat bisa mengirim dan menerima informasi secara Real Time

Perkembangan Proyek