Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

061 - Mitra Kerja Penyandang Disabilitas


Nama Inisiator

Rubby Emir

Organisasi

Komunitas Sanggar Saujana

Deskripsi Proyek

MKPD adalah wahana penghubung antara penyandang disabilitas pencari kerja dan pemberi kerja. Konten manajemen dimana penyandang disabilitas bisa mengakses informasi tentang kesempatan kerja yang tersedia untuk mereka dan memungkinkan mereka untuk menempatkan profil mereka sebagai pencari kerja.

Aplikasi ini juga menampung berbagai konten dan tutorial tentang life skill dan pengembangan diri untuk bisa membantu penyandang disabilitas meningkatkan kemampuan mereka dalam persaingan dunia kerja.
Proyek ini akan menjadi solusi bagi celah besar yang muncul seiring dengan momentum ratifikasi konvensi penyandang disabilitas 2011 dan RUU Penyandang Disabilitas yang akan dibahas dan disahkan dalam waktu dekat.

Tipe Konten

Aplikasi ini berbasiskan OS Android yang akan dibangun dari awal dengan menggunakan bahasa pemrogaman Java dengan pengayaan fitur antar muka yang ramah bagi penyandang disabilitas.

Masalah yang Diangkat

Salah satu faktor terpenting dalam konteks akses bagi penyandang disabilitas adalah akses penghidupan. Menurut estimasi ILO, 10% dari jumlah penduduk Indonesia merupakan penyadang disabilitas, yang berarti berjumlah sekitar 24 juta orang. Sementara itu, jumlah tenaga kerja penyandang disabilitas (data tahun 2010) mencapai sekitar 11 juta orang (Sumber: http://menteri.depnakertrans.go.id).
Ada 4 masalah utama yang diangkat dalam proyek ini:
1) Kurangnya akses terhadap informasi dan komunikasi yang ramah bagi penyandang disabilitas tentang ketersediaan lapangan pekerjaan buat mereka.
2) Tidak adanya jembatan penghubung yang interaktif dan komunikatif antara pekerja penyandang disabilitas dan pemberi kerja.
3) Tidak tersedianya sumber pustaka pengetahuan dan keterampilan yang interaktif bagi penyandang disabilitas

Solusi

Permasalahan yang diangkat diatas merupakan isu lintas sektor yang tidak bisa diselesaikan dengan pendekatan dan pelibatan tunggal saja. Sehingga kami menawarkan pendekatan gabungan antara teknis dan non-teknis.

1. Menyediakan aplikasi berbasis Android yang memuat informasi tentang ketersediaan pekerjaan bagi penyandang disabilitas, yang ramah terhadap disabilitas mereka.
2. Aplikasi ini akan mengusung fitur interaktif dimana pencari kerja bisa mendapatkan informasi tentang pencari kerja (dan juga sebaliknya) dan menyediakan sarana berinteraksi diantara mereka. Akan ada laman pencari kerja dimana mereka bisa memasukkan profil mereka, yang kemungkinan besar akan dibangun dengan berbasis web untuk antarmuka yang lebih sesuai bagi kalangan ini.
3. Aplikasi akan mengusung fitur resource untuk konten-konten pengetahuan dan life skill serta pengembangan diri untuk penyandang disabilitas. Konten ini juga akan memuat direktori pusat pelatihan dan belajar bagi penyandang disabilitas.

Strategi Distribusi

1. Nothing about us without us. Strategi promosi dan penyebaran harus dimulai dari awal dengan melibatkan penyandang disabilitas. Sehingga tahap awal yang akan kami lakukan adalah perekrutan penyandang disabilitas sebagai anggota tim. Hal ini akan menjamin bahwa kami memiliki perspektif yang tidak bias terhadap hak dan kebutuhan mereka yang akan diterjemahkan dalam produk dan program yang akan kami kembangkan.
2. In depth need assessment dengan mengadakan FGD di beberapa komunitas disabilitas di beberapa kota besar.
3. Perekrutan beberapa penyandang disabilitas secara full time sebagai tim QA.
4. Peluncuran versi beta dengan mengadakan workshop (dengan mengundang komunitas penyandang disabilitas) tentang penggunaan aplikasi ini dan mensosialisasikan mekanisme umpan balik terhadap fungsi dan semua fitur di dalam aplikasi.
5. Peluncuran versi final dengan roadshow ke beberapa kota besar.

Target Pengguna / Penerima Manfaat

Penerima manfaat utama adalah penyandang disabilitas yang mencari pekerjaan, usia 18-40 tahun yang tinggal di Yogyakarta dan Jawa Timur. Penerima manfaat sekunder adalah pemberi kerja yang membuka kesempatan bagi penyandang disabilitas di Yogyakarta dan Jawa Timur.

Kuantitas Output Konten

NA

Indikator Sukses

1. Pengguna dari penyandang disabilitas mencapai minimal 1.000 orang setelah versi beta diluncurkan
2. Pengguna dari pemberi kerja bagi kaum disabilitas mencapai minimal 50 perusahaan setelah versi beta diluncurkan.
3. Ada minimal 100 konten (teks, multimedia, audio maupun video) tutorial untuk pengetahuan dan keterampilan life skill sampai dengan versi final diluncurkan.
4. Ada sebuah skema exit strategi yang diimplementasikan sebagai jaminan keberlanjutan.

Lokasi

Surabaya, Jawa Timur

Dana yang Dibutuhkan

Rp. 750 juta (disetujui Rp. 780 juta)

Durasi Proyek

September 2014 – Februari 2015