Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

060 - Sibarelang: Sahabat Ibu Mencetak Generasi Cemerlang


Nama Inisiator

Nur Zahrati Janah

Organisasi

NA

Deskripsi Proyek

Sistem perangkat lunak berbasis SMS sebagai media edukasi bagi ibu-ibu, terutama ibu hamil, mengenai pentingnya peran ibu dalam menjaga tumbuh kembang anak semenjak masih dalam kandungan.

Tipe Konten

Aplikasi berbasis web & SMS

Masalah yang Diangkat

Peran ibu sangatlah signifikan dalam tumbuh kembang anak, terutama pada fase kehamilan. Pemeriksaan kesehatan kehamilan (Antenatal Care – ANC) memantau status kesehatan kehamilan, dan memberikan rekomendasi bagi terjaganya kesehatan ibu dan janin. Partisipasi Antenatal Care pada ibu hamil di daerah Batam masih rendah, terutama di daerah pulau-pulau di sekitar Batam (hinterland).

Solusi

Kami akan membangun sebuah sistem yang ditujukan untuk digunakan di Puskesmas, tempat praktek bidan, klinik, rumah sakit, atau tempat-tempat pemeriksaan kehamilan lainnya. Sistem ini dapat mengelola data ibu, kehamilan, riwayat pemeriksaan, dan data vital lainnya. Lebih penting lagi, sistem dapat mengirimkan SMS secara berkala. Isi SMS bisa berupa edukasi mengenai kehamilan yang disesuaikan dengan usia kehamilan ibu, juga pengingat secara periodik untuk melakukan pemeriksaan kehamilan. Ibu juga dapat mengirimkan SMS ke pusat kesehatan untuk konsultasi singkat.

Strategi Distribusi

– promosi melalui jejaring sosial
– kerjasama dengan instansi terkait (Dinas Kesehatan Kota Batam)
– publikasi pada pusat-pusat kesehatan kehamilan



Perangkat lunak dibuat berbasis web untuk bisa berjalan pada spesifikasi perangkat keras yang minimum, dengan teknologi seluler yang minimum pula (hanya memerlukan teknologi SMS). Dengan demikian, pusat kesehatan kehamilan (tempat praktek bidan) di daerah pulau-pulau sekitar Batam (hinterland) pun dapat menerapkan aplikasi ini.

Target Pengguna / Penerima Manfaat

Ibu hamil di Kota Batam

Kuantitas Output Konten

NA

Indikator Sukses

Perangkat lunak digunakan oleh minimal 10 pusat kesehatan kehamilan dalam waktu 6 bulan
Angka partisipasi ANC ibu hamil meningkat pada pusat kesehatan kehamilan yang menggunakan perangkat lunak yang dibangun

Lokasi

Batam, Riau

Dana yang Dibutuhkan

Rp. 193 Juta

Durasi Proyek

12 Bulan