Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

056 - SIMPADU – Sistem Informasi Manajemen PAUD Terpadu


Nama Inisiator

Mustafa

Organisasi

Komunitas IKITAS - Inkubator Kreasi & Inovasi Telematika Semarang

Deskripsi Proyek

Saat ini semua PAUD pasti menggunakan buku penghubung sebagai media komunikasi guru dengan orang tua dan membuat rapor perkembangan pembelajaran setiap semester namun masih dilakukan secara offline, hal yang sama dilakukan di PAUD Bintang Juara Semarang. Dengan keyakinan bahwa budaya mobile dan selalu terkoneksi akan terus berkembang di Indonesia maka sangat diperlukan aplikasi untuk memberikan solusi terbaik pengelolaan PAUD tersebut.

SIMPADU adalah sistem aplikasi yang akan dikembangkan berbasis WEB dan Mobile untuk mendukung manajemen pengelolaan dan pembelajaran PAUD di Indonesia meliputi :
– Buku Komunikasi Orang tua dan Guru (Buku Penghubung)
– Laporan hasil pembelajaran tiap semester (rapor siswa)
– Penyusunan kurikulum pembelajaran terpadu

Tipe Konten

Web dan Mobile

Masalah yang Diangkat

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menyampaikan bahwa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) menjadi salah satu prioritas program Pendidikan Untuk Semua (PUS) pada tahun 2013 (http://www.kemdikbud.go.id/kemdikbud/node/1356).
Di Kota Semarang saja sampai tahun 2013 sudah terdapat 1407 PAUD yang dalam pengelolaannya (Buku Penghubung, Rapor program pembelajaran dan penyusunan kurikulum pembelajaran) masih menggunakan metode konvensional menggunakan buku biasa. Hal ini menjadi kendala tersendiri bagi orang tua yang sibuk ataupun lupa melihat isian buku penghubung setiap minggunya sehingga terkadan informasi dari sekola/guru tidak optimal.
Budaya hidup mobile dan selalu terkoneksi akan semakin meningkat beberapa tahun kedepan sehingga perlu dikembangkan aplikasi berbasis Web dan Mobile pengelolaan manajemen PAUD secara terpadu.

Solusi

– Mengembangkan apliaksi SIMPADU berbasis web dan mobile yang bisa digunakan PAUD di seluruh Indonesia. Target awalnya adalan PAUD di Kota Semarang kerjasama dengan HIMPAUDI Kota Semarang
– Mengembangkan apliaksi SIMPADU berbasis web dan mobile yang bisa digunakan PAUD di seluruh Indonesia. Target awalnya adalan PAUD di Kota Semarang kerjasama dengan HIMPAUDI Kota Semarang

– Membuat aplikasi buku penghubung orang tua dan guru dengna layanan tambahan pemberitahuan melalui email dan/atau SMS ketika pihak sekolah ataupun guru melakukan update di buku penghubung

– Mengintegrasikan buku penghubung tersebut dengan pembuatan RAPOR progres pembelajaran siswa dan pembuatan kurikulum pembelajaran
– Menyedikan forum diskusi terbuka antara guru dan para orang tua di PAUD

– Menyediakan layanan konsultasi dan diskusi secara personal masing-masing orang tua jika ada permasalahan khusus dengan anaknya dan perlu lsg dikomunikasikan oleh guru secara spesifik
– Mengadakan sosialisasi dan pelatihan ke PAUD di Kota Semarang yang akan menggunakan aplikasi SIMPADU

– Aktivitas PAUD bisa langsung di link untuk update otomatis ke social media (Facebook dan Twitter)

Strategi Distribusi

– Community Engagement melalui fanpage https://www.facebook.com/PsikologiPendidikanAnak yang sudah kita kelola juga dengan like 2.406 orang sampai pebruari 2014.
– Kerjasama dengan pemerintah daerah dan pusat
– Kerjasama dengan organisasi PAUD yaitu HIMPAUDI Kota Semarang Jawa Tengah dan selanjuta HIMPAUDI Indonesia
– Mengadakan sosialisasi dan pelatihan ke sekolah-sekolah PAUD
– Melakukan promosi di kegiatan-kegiatan seminar parenting dan psikologi pendidikan anak



Pada saat pengembangan akan dilakukan diskusi komprehensif dengan pihak-pihak terkait seperti Dinas Pendidikan, Perwakilan HIMPAUDI dan beberapa sekolah PAUD terpilih sehingga aplikasi benar-benar sesuai dengan yang dibutuhkan oleh pengguna.

Target Pengguna / Penerima Manfaat

Sekolah PAUD di Kota Semarang yang hingga 2013 sudah mencapai 1407 sekolah PAUD. Orang tua siswa yang anaknya sekolah di PAUD di Kota Semarang.

Kuantitas Output Konten

NA

Indikator Sukses

Aplikasi SIMPADU digunakan oleh 100 PAUD dengan member orang tua 1000 orang di Kota Semarang pada bulan ke 10 karena enam bulan pertama akan digunakan untuk pengembangan dan ujicoba aplikasinya.

Lokasi

Semarang, Jawa Tengah

Dana yang Dibutuhkan

Rp. 650 Juta

Durasi Proyek

12 Bulan