Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

049 - Pembentukan Komunitas dan Konten Eco Camp dan Komunitas Taman Hutan Raya Djuanda


Nama Inisiator

A. Trianita Hesti S

Organisasi

Yayasan Sahabat Lingkungan Hidup

Deskripsi Proyek

Selama ini banyak pemerhati atas gerakan merawat bumi dan berguru kepada bumi yang sudah dilakukan di Taman Hutan Raya Djuanda bersama dengan Eco Learning Camp, belum tercatat dalam database sehingga setiap kali satu kegiatan selesai, tidak ditindaklanjuti untuk diskusi lebih lanjut kepada para peserta kegiatan dan tidak ada tindak lanjut pembentukan komunitas dan tidak ada update kepada para pemerhati kegiatan ini melalui info yang disebarkan melalui sms dan platform. Dengan adanya kesempatan ini, diharapkan dapat segera dibentuk komunitas yang sudah ada dan terintegrasi dalam sistem.

Tipe Konten

Daily tips terkait cara hidup untuk menjamin bumi ini tetap bersih, menjaga masyarakat dan sumberdaya ekonomi secara berkelanjutan.
Q and A sekitar nature, culture and science.
Grup chat untuk komunitas biji dan komunitas pembibitan serta komunitas energi terbarukan, dan komunitas pengelolaan sampah terpadu dan permakultur.

Masalah yang Diangkat

Agar seluruh kegiatan dalam rangka meningkatkan kualitas lingkungan hidup melalui edukasi, konservasi, penelitian, dan pemberdayaan masyarakat tercatat dalam 1 platform Eco Camp dan seluruh partisipan yang terlibat mendapatkan update perkembangan terkait Eco Camp mendapatkan info melalui sms dan dapat berinteraksi 2 arah langsung kepada expert bidang terkait. DIharapkan komunitas dapat berkembang lebih besar untuk melakukan perbaikan lingkungan secara nyata.

Solusi

Setiap kegiatan Eco Camp yang melibatkan banyak peserta, dicatat nama peserta dan nomer handphone nya, kemudian setelah kegiatan berakhir, semua peserta akan mendapatkan update atas keberlanjutan kegiatan yang suda dimulai. Dalam Eco camp sudah pernah dilakukan FGD, dan peserta yang terlibat dalam FGD akan menjadi expert untuk menyiapkan data base agar dapat digunakan dalam fitur Eco camp info hari ini. Setiap peserta juga diharapkan mengundang orang lain untuk terlibat dalam kegiatan ini, dengan fitur ajak ajak dan undang sehingga komunitas berkembang lebih banyak.

Strategi Distribusi

Setiap peserta dan atau partisipan yang terlibat dalam kegiatan Eco Camp bersama dengan Tahura akan mendapatkan sosialisasi bahwa nomer handphone akan masuk ke dalam komunitas Eco Camp dan akan diintegrasikan dalam platform Eco Camp Ikuti. Selanjutnya akan mendapatkan daily tip, Q and A, survey dan game tentang lingkungan hidup.

Target Pengguna / Penerima Manfaat

Pengunjung Taman Hutan Raya Djuanda Bandung yang bisa menikmati fasilitas yang sudah direnovasi oleh Eco Camp yaitu Ruang Audio Visual, Museum Tahura Djuanda, Taman Bermain Anak, peserta Eco Camp sejumlah 10000 orang. Penerima tidak langsung adalah komunitas biji dan komunitas pembibitan yang melibatkan masyarakat sekitar Tahura sekitar 500 orang, serta masyarakat sekitar Dago Djuanda akan memiliki Taman Hutan Raya yang terawat baik.

Kuantitas Output Konten

Kontent dikirimkan dan diterima anggota komunitas seminggu 2 kali selama 6 bulan. Selain itu grup chat bisa digunakan dengan jumlah grup maksimal 30 orang dalam fitur sms, dengan hand phone yang ada pada pengguna tanpa merubah handphone yang ada.

Indikator Sukses

Semua peserta mulai tercatat dalam database, sehingga selama 8 bulan sudah tercapai 10 ribu peserta yang terdaftar dalam sistem platforrm Eco camp dan pemerhati Eco Camp, dan peserta ini mendapatian update info terkait kegiatab Eco Camp dan dapat berinteraksi kepada expert yang terbentuk. Selama 8 bulan diharapkan sudah ada data untuk konten terkait edukasi, konservasi, penelitian, dan pemberdayaan masyarakat.

Lokasi

Jakarta Timur

Dana yang Dibutuhkan

Rp. 2 Milyar

Durasi Proyek

8 Bulan