Anda berada di mode pratinjau.
| |

Aplikasi Berbagi Tips Tanaman Obat Berbasis Android

048

048 - Aplikasi Berbagi Tips Tanaman Obat Berbasis Android

Aplikasi ini dibuat untuk memanfaatkan secara maksimal tanaman obat yang tersedia di Indonesia sehingga dapat membantu masyarakat mendapatkan obat yang murah, tepat, dengan efek sampingan minimal dan pada gilirannya dapat melestarikan kekayaan alam Indonesia.

Manfaat • Membantu masyarakat membantu obat murah dengan efek samping minimal • Menambah pengetahuan masyrakat tentang tanaman obat • Memanfaatkan tanaman obat dengan maksimal • Melestarikan kekayaan alam berupa plasma nutfah • Membangun kebiasaan positif dalam menjalin hubungan dengan cara bertukar informasi positif dalam hal tanaman di seluruh pelosok Indonesia melalui media mobile device. • Mendata kembali dan mempopulerkan tanaman obat ke tengah masyarakat luas dengan cara relatif cepat • Meningkatkan penggunaan positif mobile device.

Dalam aplikasi ini ada fitur yang menampilkan sebagai berikut Obat berdasarkan gejala Penyakit luar Penyakit dalam Obat berdasarkan tanaman Jahe Lengkuas Sirih Dan lain-lain Aplikasi ini akan dibuat sedemikian rupa sehingga sesama pengguna dapat saling berkomunikasi dan mengupdate tanaman obat di daerahnya masing-masing.

Nomor:
048

Nama Lengkap Inisiator:
Tantie Kustiantie

Lokasi:
Bogor, Jawa Barat

Judul Proyek:
Aplikasi Berbagi Tips Tanaman Obat Berbasis Android

Lama Aktivitas:
12 Bulan

Target Pengguna / Penerima Manfaat:
usia pengguna 17 tahun ke atas dari berbagai kalangan di seluruh Indonesia

Ukuran Keberhasilan:
Masyarakat pengguna telepon seluler dan mobile device berbasis Android di seluruh Indonesia. Usia pengguna 17 tahun ke atas.Perkiraan pengguna sejumlah minimal 5000 per tahun

Tipe Konten:
Tipe aplikasi mobile berbasis android, karena pengguna android di Indonesia menempati urutan tertinggi dalam masyarakat pengguna telepon seluler.

Strategi Distribusi:
Saya akan mempromosikan melalui sosial media:<br /> Facebook: Saya akan memasang iklan berbayar<br /> Twitter: Mengupdate status setiap hari untuk menyebarkan informasi mengenai aplikasi ini<br /> Memanfaatkan berbagai alat penyebar informsi lain seperti WA, We chat, Line, dsb

Kuantitas Output Konten:
5000 pengguna yg akan download aplikasi ini setiap tahun

Dana yang Diminta:
NA

Deskripsi Proyek:
Aplikasi ini dibuat untuk memanfaatkan secara maksimal tanaman obat yang tersedia di Indonesia sehingga dapat membantu masyarakat mendapatkan obat yang murah, tepat, dengan efek sampingan minimal dan pada gilirannya dapat melestarikan kekayaan alam Indonesia.<br /> <br /> Manfaat<br /> • Membantu masyarakat membantu obat murah dengan efek samping minimal<br /> • Menambah pengetahuan masyrakat tentang tanaman obat<br /> • Memanfaatkan tanaman obat dengan maksimal<br /> • Melestarikan kekayaan alam berupa plasma nutfah<br /> • Membangun kebiasaan positif dalam menjalin hubungan dengan cara bertukar informasi positif dalam hal tanaman di seluruh pelosok Indonesia melalui media mobile device.<br /> • Mendata kembali dan mempopulerkan tanaman obat ke tengah masyarakat luas dengan cara relatif cepat<br /> • Meningkatkan penggunaan positif mobile device.<br /> <br /> Dalam aplikasi ini ada fitur yang menampilkan sebagai berikut<br /> Obat berdasarkan gejala<br /> Penyakit luar<br /> Penyakit dalam<br /> Obat berdasarkan tanaman<br /> Jahe<br /> Lengkuas<br /> Sirih<br /> Dan lain-lain<br /> Aplikasi ini akan dibuat sedemikian rupa sehingga sesama pengguna dapat saling berkomunikasi dan mengupdate tanaman obat di daerahnya masing-masing.

Definisi Masalah:
Keberadaan tanaman obat belum menjadi perhatian meski sebagian masyarakat sudah mulai menyadari pentingnya pemanfaatan bahan-bahan alami untuk kesehatan dan pengobatan penyakit. Sayangnya, tidak semua orang mengenali identitas, sifat, dan manfaat tanaman tersebut secara terperinci. Terkadang tanaman obat yang banyak gunanya ini tumbuh subur tetapi tidak dimanfaatkan dengan baik bahkan tidak dikenali. Misalnya, Buah mengkudu (Morinda Citrifolia) banyak tumbuh di Bogor, Jawa Barat meskipun sudah diketahui sebagai tanaman obat, keberadaannya masih terabaikan. Padahal, di Amerika Serikat buah mengkudu dijadikan bahan dasar obat untuk mencegah dan mengatasi candidiasis, diabetes mellitus, kanker kolon dan osteoarthritis, bahkan bahan komestik. Produk kesehatan dan kecantikan berbahan dasar mengkudu tersebut telah resmi dipatenkan.

Cara Mengatasi:
Agar tanaman obat tersebut dapat dikenali dan dimanfaatkan secara maksimal maka kami tertarik membuat satu aplikasi tentang tanaman obat yang dapat diakses, diperbaharui, dimengerti, dan dimanfaatkan oleh seluruh lapisan masyarakat. Dalam aplikasi berbasis Android termuat nama tanaman lokal obat (administrator dapat menambahkan dengan nama latin dan nama lain yang dikenal di daerah berbeda) serta racikan dan pemanfaatannya.

Perkembangan Proyek