Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

036 - SMS gateway dan ITKP


Nama Inisiator

Jhonal Thio

Organisasi

Forum Penanggulangan Bencana Manokwari

Deskripsi Proyek

SMS gateway dan ITKP (internet telepon untuk keperluan publik) sebagai media komunikasi dalam upaya PENGURANGAN RESIKO BENCANA (PRB) dan sebagai sistem komunikasi pada posko tanggap darurat. Menyiapkan sistem sms gateway yang ringkas dan mampuni sebagai media penyampaian pesan kepada masyarakat luas mengenai kampanye kebencanaan, sistem peringatan dini terhadap bencana, dan juga sebagai media penyampaian pesan dari institusi pemerintah langsung kepada masyarakat dan menyiapakan sistem komunikasi ITKP sebagai sistem komunikasi pada posko tanggap darurat.

Tipe Konten

Teks informasi cuaca, peringatan dini dari BMKG, informasi dari pemerintah, informasi data korban, komunikasi pada posko bencana, pesan kampanye untuk pengurangan resiko bencana (PRB).

Masalah yang Diangkat

Untuk SMS gateway di butuhkan perangkat lunak yang dapat berjalan otomatis pada PC (personal komputer) , komputer yang kuat,serta MODEM POLL yang dapat berkerja optimal mengirimkan sms massal kepada masyarakat serta tahan banting.

Untuk ITKP dibutuhkan perangkat komunikasi (radio komunikasi VHF) yang tahan banting serta mengatasi keterbatasan jaringan internet dengan menyiapkan v-sat yang portable.

Solusi

Untuk menyiapkan kesemua di butuhkan donatur yang dapat membiayai.

Strategi Distribusi

Melalui SMS, komunitas dan organisasi Radio antar penduduk indonesia serta Organisasi radio amatir indonesia

Target Pengguna / Penerima Manfaat

Masyarakat Manokwari

Kuantitas Output Konten

Sekali kirim sms dapat mengirim lebih dari 5000 sms kepada penerima (masyarakat )

Indikator Sukses

Apabila sms gateway dapat berkerja selama 24jam nonstop , dapat mengririmkan sms massal lebih dari 5000 sms. ITKP yang dapat digunakan sewaktu-waktu, selalu siap baik perangkat radio serta internet (v-sat) yg portable dapat di pindah-pindahkan sesuai kebutuhan

Lokasi

Manokwari, Papua Barat

Dana yang Dibutuhkan

Rp. 250 Juta

Durasi Proyek

6 Bulan