Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

011 - Si Transpa (Aplikasi Transparansi)


Nama Inisiator

Inggrid Silitonga

Organisasi

Perkumpulan Demos

Deskripsi Proyek

Si Transpa adalah sebuah program berbasis internet yang bertujuan untuk mendorong keterbukaan publik dalam pembangunan di era desentralisasi. Program ini dibuat dengan melalui beberapa tahapan, diantaranya penelitian yang mengidentifikasi persoalan di sektor publik, permasalahan kelembagaan di tingkat negara, dan kebutuhan masyarakat akan informasi mengenai haknya. Produk dari program ini adalah aplikasi smartphone (Android dan Blackberry) yang bisa digunakan untuk mengakses berbagai informasi di negara pada tingkat pemerintahan daerah, seperti jumlah APBD, alokasi APBD, dan masalah-masalah yang dihadapi oleh mesyarakat untuk mengakses sarana umum, sarana kesehatan, birokrasi, dan sarana pendidikan. Selain itu, aplikasi ini akan dilengkapi dengan peta wilayah (hingga tingkat kecamatan/kelurahan) sehingga setiap pengguna dapat mengetahui dengan mudah, persoalan apa yang ada pada setiap wilayah. Aplikasi ini juga memuat konten forum warga yang bermanfaat untuk mengontrol pemerintahan daerah. Penggunaan aplikasi ini akan dibatasi pada orang yang menggunakan kartu tanda penduduk daerah tertentu.

Tipe Konten

MobileApps adalah aplikasi yang akan diciptakan dalam program ini. Aplikasi ini dapat berbentuk AndroidApps, BlackberryApps dan Iphone. Keuntungannya aplikasi dapat didesain dengan bentuk yang lebih menarik dan lebih ramah digunakan dibandingkan website. Selain itu aplikasi juga mefasilitasi Demos untuk menjadi lebih aktif dalam menyebarkan informasi karena perangkat smartphone memungkinkan untuk menerima notifikasi update informasi setiap saat. Tentunya hal ini agak sulit dilakukan dengan menggunakan website.

Masalah yang Diangkat

Masyarakat yang berdaya adalah masyarakat yang mendapatkan akses informasi. Hal ini merupakan prinsip dasar membangun sebuah masyarakat yang kuat. Untuk memenuhi kebutuhan hidup, masyarakat harus memiliki informasi bagaimana memperoleh berbagai haknya. Seperti mengetahui anggaran kesehatan yang dialokasikan untuk Puskesmas diwilayahnya. Ataupun anggaran untuk pembangunan jalan dan jembatan. Namun di sisi lain, ketertutupan akses informasi akan membuat kondisi masyarakat menjadi semakin lemah dan kelompok penguasa menjadi semakin dominan dan korup.

Solusi

Need Asessment untuk konten utama dari aplikasi dengan penelitian terhadap masyarakat dan pemerintah daerah, formulasi perangkat, dan promosi perangkat.

Strategi Distribusi

1. Dengan Roadshow ke kampus-kampus lewat acara-acara yang diadakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa
2. Mengadakan acara diskusi, musik, stand up comedy di tempat-tempat berkumpulnya warga kota
3. Menjadikan ketua RT, RW, PKK, Karang Taruna dan Kelompok pengajian sebagai mitra utama.
4. Lewat akun sosial media milik jaringan-jaringan Demos, termasuk berbagai NGO se-Indonesia, dewan pakar yang terdiri dari berbagai tokoh publik, dan tokoh publik perorangan yang sudah menjadi mitra Demos sebelumnya.
5. Website Demos dan Radio Komunitas beserta jaringannya sebagai bagian dari strategi promosi



Demos sudah memiliki server dan data center yang cukup memadai dalam menunjang kerja aplikasi ini. Selain itu, Program ini akan dilaksanakan di Jakarta, yang memiliki akses internet terbaik di Indonesia. Oleh karena itu, kerja perangkat ini sudah sangat ditunjang dengan fasilitas yang ada.

Target Pengguna / Penerima Manfaat

Warga kota yang menggunakan Perangkat Smartphone dan Pemerintah Daerah di Jakarta.

Kuantitas Output Konten

NA

Indikator Sukses

1. Jumlah pengunduh yang besar di Google Play Store
2. Intensitas diskusi di dalam forum
3. Jumlah Unggahan dari pengguna
4. Pemerintahan daerah yang responsif dalam penyelesaian masalah yang diinformasikan lewat aplikasi
5. Kecepatan pemerintah dalam memberikan input informasi

Lokasi

Jakarta Timur

Dana yang Dibutuhkan

Rp. 1 Milyar

Durasi Proyek

12 Bulan