Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

005 - Ecommerce untuk pedagang pasar


Nama Inisiator

Lailatul Qodriyah Ervan

Organisasi

Pasarminggu.co

Deskripsi Proyek

Pasarminggu.co adalah layanan pesan antar bahan-bahan segar yang bekerja sama dengan pedagang pasar untuk memenuhi pesanan pelanggan. Melalui layanan kami, memungkinkan pedagang pasar mendapatkan channel penjualan tambahan yaitu online, walaupun mereka tidak punya akses internet and tidak punya kapasitas untuk melayani pelanggan online. Dari sisi pelanggan, pasarminggu.co mirip seperti toko online yang lain, mereka tinggal meng-klik item yang diinginkan. Pelanggan dengan mudah berbelanja dari beberapa pedagang pasar sekaligus yang menjual berbagai jenis dagangan. Kami akan memproses pesanan tersebut dari berbagai pedagang pasar yang berbeda. Mitra pedagang kami mencakup penjual sayur-mayur, berbagai macam lauk-pauk termasuk daging dan ikan asin, bumbu dapur serta penjual jajanan pasar. Pasarminggu.co tidak hanya menyiapkan situs ecommerce yang bisa diakses pelanggan, namun juga menyiapkan dukungan operasional logistik, customer service serta dukungan operasional terkait lainnya. Untuk saat ini, layanan ini baru menjangkau wilayah Jakarta, kami berusaha agar kedepannya dapat juga menjangkau daerah-daerah lainnya.

Tipe Konten

Membangun mobile site, aplikasi mobile Android dan iOS pasarminggu.co yang disesuaikan dengan situs ecommerce pasarminggu.co yang sudah dibangun. Pengguna tidak hanya dapat mengakses daftar item yang ingin dibeli namun juga informasi resep dan tips sehari-hari yang berguna. Selain itu juga, untuk menunjang operasional akan dibangun sistem backend tambahan yang menunjang jalannya operasional pasarminggu.co yang memudahkan pedagang pasar menerima notifikasi pesanan. Sistem operasional menjadi hal yang tidak terelakkan seiring perkembangan penjualan agar pesanan-pesanan tersebut tidak tertukar.

Masalah yang Diangkat

Ada beberapa situs yang menawarkan kesempatan bagi pedagang kecil untuk eksis di internet seperti situs marketplace ataupun classified ads dan tentu saja social media dan messenger, namun teknologi tersebut masih belum bisa mengakomodasi pedagang pasar yang kebanyakan berjualan bahan-bahan segar dan itemnya terbatas masing-masing pedagang, sementara pelanggan biasanya membeli beberapa item sekaligus, yang mana bahan-bahan tersebut tersedia di berbagai pedagang yang berbeda. Juga dari segi pengiriman tidak bisa menggunakan jasa kurir logistik yg ada. Demikian juga dari segi customer service, akan lebih efektif jika pelanggan berurusan dengan satu pintu layanan pelanggan untuk pemesanan dari pedagang yang berbeda. Sementara pedagang pasar tidak punya akses internet. Disinilah pasarminggu.co menyediakan dukungan teknologi dan operasional yang dibutuhkan agar dagangan pedagang pasar dapat diakses oleh prospek pelanggan yang kebanyakan tidak terjangkau secara offline.

Solusi

Memperkuat aspek pendukung perkembangan situs pasarminggu.co yaitu dengan mengembangkan mobile site dan aplikasi mobile untuk melengkapi situs ecommerce pasarminggu.co yang sudah ada, yang menawarkan kemudahan dan kenyamanan dan berbelanja pelanggan, serta membangun sistem tambahan yang memudahkan pedagang pasar menerima notifikasi yang sesuai teknologi yang mereka gunakan (feature phone) agar pesanan dapat ditangani dengan baik walaupun volume penjualan meningkat.
Melakukan sosialisasi dan promosi intensif agar layanan ini dikenal banyak pengguna internet. Selain itu juga mempersiapkan perangkat dukungan operasional lainnya yang mendukung kenyamanan berbelanja seperti logistic, merchandise, customer service, dll.

Strategi Distribusi

Strategi kreatif
• Mengembangkan mobile site dan mobile apps yang dilengkapi dengan dengan konten yang relevan seperti resep dan tips disamping daftar item yang ditawarkan.
• Program sosialisasi mengadopsi strategi bisnis offline seperti pemberian sample produk, dll.
• Bermitra dengan situs lain untuk promosi silang. Misalnya bermitra dengan pemilik situs web yang kontennya tentang resep, tips sehari-hari atau dengan pemerintah yang berkepentingan meningkatkan pemberdayaan pedagang ataupun situs lain yang visinya saling mendukung.
• Berekperimen dengan program sosialisasi melalui strategi digital marketing lainnya terutama content marketing dan social media marketing.

Optimalisasi Piranti Lunak:
Dari segi mobile dan aplikasi yang digunakan, kami akan berusaha mengoptimalkannya diantaranya dengan memberi insentif diskon serta menyuarakan dalam program sosialisi dan promosi kami.

Target Pengguna / Penerima Manfaat

Target adalah pedagang pasar dari usia 20 hingga 60 tahunan. Rata-rata pendidikan dari tidak lulus sekolah hingga sma. Kelas ekonomi menengah kebawah. Untuk saat ini lokasi utama di pasar kramat jati cililitan, kedepannya kami berharap dapat memperluas kemitraan ini dengan pedagang di pasar-pasar yang lain.

Kuantitas Output Konten

NA

Indikator Sukses

Berjalannya layanan pesan antar bahan segar situs pasarminggu.co dengan transaksi yang meningkat dari hari ke hari sehingga berdampak langsung pada peningkatan penjualan pedagang pasar.
Indikator keberhasilan:
• Terciptanya sistem ecommerce yang terintegrasi, situs web, mobile site, dan mobile untuk kemudahan akses oleh pelanggan, serta sistem backend yang sesuai dengan gadget yang biasa digunakan pedagang yaitu telepon seluler biasa.
• Jumlah transaksi meningkat menjadi sekitar 1000 per bulan, dan mitra pedagang juga bertambah.
• Program pasarminggu.co dapat berkelanjutan sampai tahun berikutnya, dan menjangkau daerah lainnya.

Lokasi

Jakarta

Dana yang Dibutuhkan

Rp 756.400.000

Durasi Proyek

1 tahun