Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

142 - PENELITIAN & PENULISAN BUKU “MENYUARAKAAN YANG TERSEMBUNYI”


Nama Inisiator

Sri Hartaningsih

Bidang Seni

lainnya

Pengalaman

5 tahun

Contoh Karya

Contoh karya pada media solider.docx

Situs Web

www.solider.or.id dan www.perspektifnews.blogspot.co.id

Media Sosial

https://www.facebook.com/hartaw

Kategori Proyek

riset_kajian_kuratorial

Deskripsi Proyek

FAKTA empirik kehidupan masyarakat, akan selalu menjadi penting dan menarik untuk diketahui khalayak. Dalam kerangka jurnalisme, fakta itu disajikan melalui aneka ragam berita, sesuai stadar teknis dan etis. Dengan demikian, realitas sosial yang dihadirkan, itu setidaknya akan memberi informasi, mendidik, menjadi kontrol sosial, bahkan sekaligus memberi hiburan. Di tengah realitas yang beragam, itu terdapat kehidupan masyarakat yang selama ini terkesan seolah disembunyikan dan tidak bisa bersuara. Mereka adalah masyarakat difabel atau orang dengan kemampuan berbeda (differently able people). Namun, karena terbelenggu stigma, suara mereka kadang tak terdengar. Eksistensi mereka tersembunyi di tengah sengkarut masalah sosial yang lain. Dalam realitas sosial, ekesistensi mereka tidak diperhitungkan. Kehidupan yang terbatas, memicu kondisi ekonomi mereka yang rentan. Padahal, semestinya difabel dipandang sebagai manusia yang utuh, bukan dilihat dari kondisi fisik atau kondisi mental yang melekat pada diri mereka. Di sanalah peran imperatif dibutuhkan. Maka, melalui penulisan, dalam aneka ragam berita dan laporan, adalah upaya menyajikan dan menyuarakan fakta yang tersembunyi nan jauh dari narasi kehidupan itu. Dengan tulisan, yang dibukukan, realitas kaum difabel “diabadikan” dengan harapan bisa diketahui khalayak. Dengan demikian semangat scripta manent verba volant (sesuatu yang diomongkan akan hilang dimakan masa, sedangkan yang dituliskan akan abadi) kiranya menjadi keniscayaan untuk hal ini.

Latar Belakang Proyek

Sebagaimana sering kita dengar, bahwa buku adalah jendela dunia. Sehingga melalui membaca sebuah buku, orang tidak perlu berkeliling dunia untuk bisa mengetahui dunia dengan seluruh ceritanya. Tidak banyak bahkan tidak buku yang bercerita tentang Dan selama ini tidak banyak orang mengetahui cerita di balik kehidupan orang dengan difabilitas. Bagaimana perjuangan mereka bertahan hidup, bagaimana mereka berjuang menepis stigma dan paradigma, menjadi obyek yang mengatasnamakan kondi difabilitasnya, bagaimana mereka mencapai derajat atas dirinya sebagai manusia, bagaimana diskriminasi yang m

Masalah yang Diangkat

Kehidupan Difabel sebagai manusia dengan cara pandang hak asasi dan kemanusiaan

Indikator Sukses

Terbitnya 1000 eksmplar buku "Menyuarakan yang Tersembunyi" , menjadi pembelajaran bagaimana khalayak mengenal kehidupan difabel. Bagaimana melihat difabel dengan sudut pandang kemanusiaan dan seluruh hak mereka. Selain itu, khususnya bagi jurnalis, akan bisa digunakan sebagai paduan bagaimana meliput fakta yang berkaitan dengan kehidupan difabel. Tak kalah penting, diharapkan buku ini dapat menjadi literasi yang mengedukasi, memotivasi, serta memberi arti bagi khalayak luas. Isu difabilitas bukan sekedar isu sosial, melainkan sebuah isu kemanusiaan.

Lokasi

DIY

Dana yang Dibutuhkan

Rp.66 Juta

Durasi Proyek

6 bulan