Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

140 - Wanita Dibalik Kamera


Nama Inisiator

Sinta Elviyanti

Bidang Seni

penelitian

Pengalaman

7 bulan

Contoh Karya

Situs Web

Media Sosial

Kategori Proyek

perjalanan

Deskripsi Proyek

Proyek ini merupakan sebuah perjalanan saya yang akan menemui dan mewawancarai para sutradara wanita di Indonesia. Saya akan mengumpulkan hasil wawancara saya menjadi sebuah buku yang berisi mengenai perjalanan, pahit-manis, kendala, dsb yang dirasakan sutradara wanita di industri film Indonesia, bahkan dunia. Selain sutradara wanita, saya juga akan mewawancari para penikmat film dari berbagai kalangan untuk menilai bagaimana pandangan penikmat film terhadap film-film karya sutradara wanita.

Latar Belakang Proyek

3 tahun terakhir ini saya mulai menonton film Indonesia baik di bioskop nasional, maupun bioskop alternatif. Saya juga cukup banyak menonton film Indonesia hasil sutradara wanita yang alur ceritanya (menurut saya) selalu mind blowing. Tapi saya melihat bahwasanya hanya sedikit nama sutradara wanita Indonesia yang akrab ditelinga masyarakat. Begitupun karya-karyanya, dari 10 film terlaris di Indonesia, nama wanita yang menjadi sutradara hanya 2 orang saja.

Masalah yang Diangkat

Dalam sebuah surat kabar daring menyebutkan, bahwa sutradara wanita di indonesia merupakan sutradara yang mengalami perkembangan pesat, karena di tahun 2004 sutradara wanita Indonesia yakni Nia Dinata sudah bisa mendapatkan piala bergengsi untuk filmnya, sementara di Hollywood sendiri penghargaan bergengsi untuk sutradara wanita baru diperoleh di tahun 2010 yakni untuk Kathryn Bigellow. Namun, saya melihat nama sutradara wanita sendiri di Indonesia kurang mendapat apresiasi dari masyarakatnya. Hal inilah yang membuat saya ingin mencari tahu dan membuat sutradara wanita lainnya tahu apa saja kendala yang dialami sutradara wanita yang sudah lebih lama berkecimpung di industri film serta bagaimana pandangan masyarakat sebenarnya terhadap film yang di sutradarai oleh wanita.

Indikator Sukses

100% sukses dan akan menginspirasi banyak wanita di Indonesia untuk tidak ragu-ragu lagi mengekspresikan idenya dalam bentuk film. sebelumnya saya juga telah melakukan penelitian mengenai film, sehingga saya memiliki akses untuk bisa menemui dan mewawancarai narasumber saya melalui orang-orang yang saya wawancarai di penelitian sebagaimana dimaksud.

Lokasi

DKI Jakarta, Yogyakarta, dan lokasi-lokasi lain

Dana yang Dibutuhkan

Rp.75 Juta

Durasi Proyek

8 bulan