Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

119 - Ruang Berkarya Ramah Anak


Nama Inisiator

ENDAH SUSANTI

Bidang Seni

seni_rupa

Pengalaman

5 tahun

Contoh Karya

PROPOSAL DANA HIBAH PROYEK.pdf

Situs Web

Media Sosial

fb: namaku_susanti@yahoo.com

Kategori Proyek

akses

Deskripsi Proyek

Meluaskan ruang berkarya supaya saya bisa berkarya sambil menemani anak anak bermain. Sehingga saya bisa lebih produktif dalam meramaikan dunia seni rupa khususnya sebagai pelukis dekoratif.

Latar Belakang Proyek

Berkarya menjadi sesuatu yang mahal untuk saya. Sebagai seorang ibu dua balita, saya mendidik dan melakukan pekerjaan rumah seorang diri karena suami bekerja di luar kota. Berkarya saya lakukan dengan mencuri waktu ketika menemani anak bermain atau setelah mereka tidur. Meski demikian saya menjalaninya sebagai anugrah. Saya tetap bersemangat mengembangkan aktifitas seni dalam diri saya untuk saya dan lingkungan sekitar. Kebetulan kedekatan saya dengan anak anak di lingkungan tempat tinggal mendorong mereka untuk sering datang ke tempat saya melukis. Awalnya bermain dengan anak anak saya, tak terkadang mengganggu aktifitas saya melukis. Karena itu mereka saya libatkan sekalian untuk belajar bersama. Saya ajarkan apa yang selama ini saya pelajari. Menggambar, melukis, komputer grafis dan lain-lain. Beberapa murid sekolah sd tempat saya memberikan les ektrapun sering ke rumah untuk belajar menggambar. Saya sengaja membukakan kesempatan ini tanpa pungutan biaya, berharap kedepannya suatu saat nanti saya bisa mendirikan sanggar seni yang lebih kompleks manfaatnya.

Masalah yang Diangkat

Tempat yang tidak memadai membuat ruang gerak saya terbatasi. Ruangan yang sempit dan bongkar pasang sangat menyita waktu. Malam saya gunakan untuk beristirahat, siang saya gunakan untuk berkarya dan menemani anak anak bermain.

Indikator Sukses

1. Terselesaikannya karya karya dekoratif saya yang merupakan rangkaian dari satu tema yaitu ‘dolanan bocah’ yang selama ini tersendat sendat pengerjaannya. Terdiri dari 10 karya lukis yang sudah 80% selesai. Ketika saya bisa bangkit dari kefakuman berkarya, dan seterusnya menjadi pembuka jalan untuk berkesenian kembali. 2. Anak anak yang datang semakin banyak dan mampu menyerap ilmu dari ruang berkarya yang ramah anak dari hibah ini.

Lokasi

DI Yogyakarta

Dana yang Dibutuhkan

Rp.30 Juta

Durasi Proyek

5 bulan