Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

113 - Lukisan Braille untuk Tuna Netra


Nama Inisiator

Niken Larasati

Bidang Seni

seni_rupa

Pengalaman

sejak 1988

Contoh Karya

Belajar Menari.jpg

Situs Web

Media Sosial

FB Niken Larasati

Kategori Proyek

riset_kajian_kuratorial

Deskripsi Proyek

Membantu kaum Tuna Netra untuk dapat menikmati dan memahami lukisan karya Niken Larasati dalam bentuk Braille yang bertema tentang dunia anak-anak/dolanan tradisional anak-anak dan budaya. Selain dapat dinikmati sebagai karya seni juga dapat menjadi media bermain dan belajar untuk Penikmat Indra Peraba dan Indra Penglihat. Melalui karya ini Perupa berharap bisa berbagi ilmu tentang seni dan budaya yang sangat beragam di Indonesia. Perupa sangat berharap karya seni dapat dinikmati oleh lebih banyak kaum Tuna Netra, tidak hanya di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Latar Belakang Proyek

Menjawab sebuah pertanyaan yang dilontarkan oleh seorang ibu Pemijat yang kebetulan Tuna Netra, dimana beliau menanyakan kepada saya tentang pekerjaan yang saya lakukan sehari-hari. Ketika saya menjawab sebagai Pelukis, beliau menanyakan "Apakah Lukisan itu?". Sangat sulit bagi saya untuk menjelaskannya, maka timbulah ide saya untuk membuat lukisan yang dapat menjawab pertanyaan ibu tersebut melalui Lukisan Braille, supaya beliau dapat mengerti dan menikmati sebuah karya seni.

Masalah yang Diangkat

Karya sudah berjalan sejak tahun 2012. Sampai saat sudah 6-7 Lukisan Braille yang sudah dibuat. Perupa ingin : 1. Membuat lebih banyak karya supaya bisa membuat lebih banyak masukan kepada kaum Tuna Netra dibidang seni, budaya dan permainan. 2. Mengunjungi dan memperlihatkan karya seni kepada kaum Tuna Netra di Panti Asuhan Yayasan Tuna Netra yang berlokasi di DIY dan Jawa Tengah. 3. Membuat film pendek / dokumenter, sebagai pembelajaran seni dan budaya untuk Tuna Netra. Seluruh proses poin 1-3 tersebut diatas memerlukan dukungan biaya yang besar.

Indikator Sukses

1. Bisa menghasilkan 5 lukisan Braille (tambahan yang sudah ada) --- 100% 2. Bisa mengunjungi 5 Yayasan/Komunitas Tuna Netra di DIY dan 5 di Jawa Tengah ---100% 3. Pembuatan Film Pendek / dokumenter selesai -- 100% Note : Keberhasilan kaum Tuna Netra untuk menikmati karya seni braille tersebut adalah 80 - 85 %

Lokasi

DIY & Jawa Tengah

Dana yang Dibutuhkan

Rp.90 Juta

Durasi Proyek

9 bulan