Anda berada di mode pratinjau.
| |

Pemohon Hibah

DEWI KUMALA SUTRA


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

lainnya

Pengalaman Berkarya

Sejak 2015

Contoh Karya

Situs Web

Tidak ada

Media Sosial

Fan Page Facebook Dongeng Kak Dedew

Proyek


No. Formulir

108

Judul Proyek

SAUNG DONGENG KAK DEDEW

Lokasi Proyek

Kabupaten Padang Pariaman. Sumatera Barat.

Deskripsi Proyek

Proyek yang akan saya jalankan adalah membangun "Saung Dongeng Kak Dedew" berlokasi di sekitaran tempat saya tinggal. Saung ini akan menjadi tempat anak-anak untuk berkumpul mendengarkan dongeng saya setiap minggunya. Saung sebagai pusat untuk wisata imajinasi anak, bermain, berkreasi, melakukan berbagai aktivitas yang memacu kreativitas anak dan juga pusat gallery hasil karya anak. Saung juga menjadi tempat ajang menikmati kembali permainan tradisional, menikmati cerita-cerita hikayat penuh hikmah dan sebagai tempat pojok membaca (perpustakaan mini).

Kategori

akses

Latar Belakang Proyek

Saya ibu dari dua orang putra. Latar belakang saya S1 Pendidikan Bahasa Inggris. Saya sangat mencintai dunia pendidikan. Saya juga penulis buku dan tulisan berupa cerpen, puisi, artikel, opini, essai, dll, pernah terbit di berbagai media. Sejak kecil selain hobi menulis, saya juga hobi membaca puisi, membaca cerpen dan mengikuti perlombaannya. Saat ini aktivitas saya adalah menjadi pendongeng keliling. Saya selalu menghadiri setiap kali ada undangan untuk mendongeng. Baik itu ke sekolah- sekolah, mesjid-mesjid, acara komunitas, acara pesantren ramadhan, pesta ulang tahun, sunnatan massal, pun acara yang sifatnya promosi sebuah produk, instansi, dll. Saya menggali potensi ini dengan mengikuti acara "Kemah Dongeng Kampung Dongeng Indonesia" di TMII beberapa tahun lalu. Berangkat dari jiwa pendongeng, saya terpikir ingin berbuat yang lebih untuk daerah tempat saya tinggal. Saya melihat daerah tempat saya tinggal ini cukup "rawan". Rawan dalam artian lingkungan di sore hingga malam hari anak-anak ikut nimbrung di warung kopi melihat pemuda bermain judi. Daerah tempat saya tinggal juga banyak remaja kawin kecelakaan, narkoba, dll. Sebagian anak-anak pulang sekolah juga sibuk memainkan gadget. Saya hanya ingin anak-anak itu kembali ke fitrahnya tanpa terpengaruh dengan apa yang terjadi pada orang-orang dewasa di sekitarnya.

Masalah yang Diangkat

Untuk membangun "Saung Dongeng Kak Dedew" saat ini saya tak punya dana. Yang saya punya adalah keyakinan, suatu saat pasti bisa mendirikannya. Karena itu saya bersyukur sekali mendapat informasi tentang dana hibah cipta media kreasi ini.

Durasi Proyek

2 bulan

Indikator Sukses

1. Saung Dongeng Kak Dedew sudah bisa dibangun di tanahnya sendiri. 2.Saung Dongeng Kak Dedew di dalamnya lengkap; -Peralatan;microphone & soundsystem, meja, kursi, tikar, lemari buku dan buku-buku, pajangan untuk hasil kreativitas anak, berbagai peralatan permainan tradisional.

Dana Hibah

Rp.40 Juta