Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

105 - Sedalam Samudera


Nama Inisiator

Sista Nareswari Arunafitri

Bidang Seni

sastra

Pengalaman

2 tahun

Contoh Karya

Situs Web

www.alunansendja.wordpress.com

Media Sosial

Instagram : @nrsvvr

Kategori Proyek

akses

Deskripsi Proyek

Sebuah buku yang mengangkat cerita-cerita nyata, khusus perempuan dalam bentuk Curahan Hati dari orang di sekitar yang saya kenal dengan baik tentang bagaimana mereka berjuang menghadapi permasalahan yang dihadapi dan bagaimana mereka bangkit kembali. Banyak perempuan di sekitar kita yang memiliki beban moral yang hanya dapat ditanggung sendiri dan depresi ke dalam diri sebab merasa tidak adanya wadah yang tepat untuk menyampaikan cerita yang mereka bawa. Buku ini nantinya akan menciptakan sebuah komunitas sharing antar wanita yang akan rutin diadakan dalam 2 kali sebulan untuk rencana jangka panjangnya. Proyek ini selain diciptakan bertujuan untuk meringankan beban yang diderita seorang perempuan, juga bertujuan untuk memberikan inspirasi kepada perempuan di sekitarnya untuk kerap berpikiran positif akan segala permasalahan yang dihadapi. Buku "Sedalam Samudera" memiliki hashtag #SHAREYOURSTORY, diharapkan dapat mendorong para wanita agar lebih "Kreatif Dalam Kesedihan" dengan MENULIS. Karena dipercaya bahwa menulis adalah salah satu media terapi yang dapat menurunkan kadar stress yang dihadapi seorang manusia. Terlebih lagi perempuan yang memiliki perasaan yang lebih sensitif, karena sesungguhnya manusia butuh mengekspresikan kesedihan yang didera agar terasa lebih ringan. Apalagi jika menghasilkan sesuatu yang bermanfaat dan dapat dibagikan kepada lingkungan sekitarnya.

Latar Belakang Proyek

Gagasan ini terbentuk oleh pengalaman pribadi penulis; dimana sulitnya menanggung beban perasaan seorang diri. Lalu, beralihlah penulis menyalurkan kesedihannya lewat karya sastra yang sifatnya memotivasi, dimana kesedihan dapat menjadi sesuatu yang berdampak positif, melainkan melulu negatif. Kemudian hasil tulisan sang penulis mendapatkan apresiasi dari orang-orang di sekitarnya, dimana hal ini menjadi inspirasi penulis untuk mengembangkan motivasi untuk sesama wanita dalam membangun diri kembali setelah mengalami kesedihan dan kegagalan dalam hidup.

Masalah yang Diangkat

Perempuan dan perasaan. Karena tidak mudah menjadi seorang perempuan. Karena perempuan harus tetap menjadi kuat walaupun harus melampaui batas kemampuannya. Karena perempuan adalah menjadi seorang anak yang harus mematuhi peraturan yang diciptakan oleh orang tua yang konvensional di jaman yang terus berkembang. Juga menjadi rival bagi perempuan lainnya. Lalu menjadi seorang istri yang yang harus melayani suami. Kemudian menjadi seorang ibu yang mendidik dan menjaga anaknya. Belum lagi harus menghadapi pelecehan-pelecehan yang umumnya terjadi pada perempuan. Berat menjadi seorang perempuan karena sebagian besar perempuan menggunakan perasaan dibandingkan dengan logika.

Indikator Sukses

Terbitnya buku "Sedalam Samudera" yang mengangkat minimal 15 cerita wanita yang dilakukan melalui seleksi pengumpulan cerita. Lalu berkembang menjadi sebuah komunitas yang rutin mengadakan pertemuan berbagi antar wanita yang diadakan 2 kali dalam sebulan di taman kota, atau di kafe. Dan memiliki satu basecamp untuk panitia penyelenggara Komunitas.

Lokasi

DKI Jakarta

Dana yang Dibutuhkan

Rp.100 Juta

Durasi Proyek

9 bulan