Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

100 - Pagelaran Seni Kethoprak "Nyi Ageng Serang"


Nama Inisiator

Risti Priharsiwi RR

Bidang Seni

seni_pertunjukan

Pengalaman

Penari dan Pemain Kethoprak

Contoh Karya

FB_IMG_1513763954735.jpg

Situs Web

Media Sosial

@siwikinanthiofficial

Kategori Proyek

kerjasama_kolaborasi

Deskripsi Proyek

Mementaskan pagelaran seni kethoprak yang mengambil tokoh Pejuang Perempuan dari Kulon Progo yaitu Nyi Ageng Serang. Di mana sebagian besar perempuan mengingat selama ini pemain kethoprak didominasi oleh kaum laki-laki. Tiba saatnya, kaum perempuan berekspresi di dalam seni pertunjukan ini dan tidak hanya sebagai pemanis cerita. Para pemain akan diambil dari berbagai usia dari tua hingga anak-anak agar para generasi muda akan lebih mencintai, melestarikan dan mengembangkan seni Kethoprak. Dalam lakon ini akan menanamkan nilai-nilai dari tokoh yang diangkat yaitu jiwa pemberani, patriotisme dan nasionalism kepada kaum perempuan.

Latar Belakang Proyek

Selama ini pagelaran kethoprak didominasi kaum laki-laki, baik sutradara, penulis naskah, pemain serta pengrawit. Kaum perempuan hanya sebagai sinden dan pemanis cerita. Dengan hal itu sudah saatnya perempuan berperan aktif ikut melestarikan dan mengembangkan seni tersebut. Dalam kesempatan ini kami merintis perkembangan seni yg dilaksanakan oleh kaum perempuan. Tentunya akan mengambil cerita yg berhubungan dengan seorang tokoh pejuang perempuan dari Kulon Progo yaitu Nyi Ageng Serang.

Masalah yang Diangkat

Selama ini wanita hanya mempunyai andil kecil terhadap seni pertunjukan kethoprak.

Indikator Sukses

Minat perempuan yang semakin ingin menggeluti seni pertunjukan kethoprak. Penonton akan memberikan apresiasi atas pertunjukan ini.

Lokasi

Galur, Kulon Progo, Yogyakarta

Dana yang Dibutuhkan

Rp.51 Juta

Durasi Proyek

6 bulan