Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

95 - Vatco Art Class


Nama Inisiator

Anggun Octaviana Nugraha

Bidang Seni

seni_rupa

Pengalaman

2,5 tahun

Contoh Karya

IMG_20180117_221152_897.jpg

Situs Web

Media Sosial

instagram @vatconug

Kategori Proyek

akses

Deskripsi Proyek

Vatco Art Class merupakan sebuah project untuk memperkenalkan seni kepada masyarakat Balikpapan. Seni yang akan diperkenalkan dan diajarkan antara lain seni rupa murni dan terapan yang meliputi seni lukis, seni grafis, seni patung, seni kriya, seni dekorasi, dan lain-lain. Kelas seni ini ditujukan untuk semua kalangan, mulai usia anak sampai dewasa. Tujuan dari kelas seni ini adalah untuk menstimulus kecerdasan, kreativitas serta motorik anak, mengembangkan potensi serta keterampilan masyarakat dalam bidang seni sehingga masyarakat dapat memperoleh penghasilan dari berkesenian, serta mengadakan pameran karya-karya seni masyarakat di Gedung Kesenian Balikpapan.

Latar Belakang Proyek

Balikpapan merupakan sebuah kota di sisi timur Kalimantan. Balikpapan sering disebut sebagai kota minyak karena perekonomian kota ini bertumpu pada sektor industri yang didominasi oleh industri minyak dan gas, serta perdagangan dan jasa. Minimnya pengetahuan serta kesadaran masyarakat untuk berkesenian membuat kota ini kurang mendapat sentuhan estetis. Dengan dibuatnya kelas seni, diharapkan mampu mengangkat nama kota Balikpapan, tidak hanya sebagai kota industri melainkan juga menjadi kota seni dengan mengembangkan kebudayaan khas kalimantan timur.

Masalah yang Diangkat

Sebagai salah satu warga Balikpapan sekaligus mahasiswa pendidikan seni rupa, saya ingin memperkenalkan seni rupa dikalangan masyarakat umum. Saya ingin menerapkan ilmu-ilmu yang telah saya peroleh agar dapat bermanfaat bagi masyarakat kota Balikpapan melalui pembuatan kelas seni (vatco art class). Kelas seni ini bertujuan untuk memunculkan kesadaran serta minat masyarakat Balikpapan untuk berkreasi di bidang seni. Kurangnya pengetahuan masyarakat tentang seni menjadi alasan utama project ini.

Indikator Sukses

Indikator sukses pertama yaitu dapat mengadakan pameran 6 bulan sekali, lalu 3 bulan sekali, kemudian menjadi sebulan sekali. Indikator sukses kedua, pameran yang diadakan tidak hanya bertempat di Gedung Kesenian, melainkan juga di tempat-tempat yang sering dikunjungi masyarakat seperti Mall-Mall yang ada di Balikpapan. Indikator sukses ketiga, masyarakat sadar dan antusias dengan seni sehingga dapat memiliki keterampilan berkesenian dan memperoleh penghasilan melalui pembuatan karya seni. Indikator sukses keempat, dapat mengembangkan kreativitas, kecerdasan serta motorik anak. Indikator sukses terakhir, project vatco art class dapat berjalan dalam jangka panjang.

Lokasi

Kota Balikpapan, Kalimantan Timur

Dana yang Dibutuhkan

Rp.485 Juta

Durasi Proyek

8 bulan