Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

42 - Pementasan Seni Budaya Daerah Wanita Suku Tidung Lintas Generasi


Nama Inisiator

SY.CAMELIA FARIDAH

Bidang Seni

lainnya

Pengalaman

6 Bulan

Contoh Karya

IMG-20171211-WA0035.jpg

Situs Web

Media Sosial

Kategori Proyek

lintasgenerasi

Deskripsi Proyek

Pementasan seni tari dan seni musik daerah yang akan diikuti oleh wanita suku tidung lintas generasi agar seni budaya daerah suku tidung tumbuh kembali dan digemari oleh generasi mudanya, persiapan pementasan akan memakan waktu 6 bulan, menyesuaikan dengan kondisi ibu ibu yang jadwal latihannya tidak bisa terlalu sering. pementasan ini akan diperkaya dengan pameran hasil kreativitas wanita suku tidung yang diharapkan dapat menjadi titik tolak bergairahnya industri budaya berbasis rumahtangga.

Latar Belakang Proyek

Kecamatan Sembakung merupakan kecamatan tertua. di Kabupaten Nunukan. Namun perkembangannya sangat lambat. saya mencoba mengangkat seni budaya sebagai pendongkrak kemajuan suku tidung Sembakung sehingga budaya daerah yang telah berakar ratusan tahun dapat tumbuh dan berkembang serta meningkatkan kemandirian wanita dalam berkarya. selanjutnya akan meningkatkan peran serta wanita di daerah ini dalam memajukan seni budaya khas Nusantara.

Masalah yang Diangkat

Seni Budaya Daerah Tidung kurang begitu diminati oleh generasi muda, karena kurangnya pelestarian oleh pelaku budaya pada generasi sebelumnya. Dengan adanya Pementasan sekaligus pameran seni budaya yang akan dilakukan oleh lintas generasi ini diharapkan menjadi titik tolak pelestarian budaya daerah Suku Tidung dan latihan yang dilakukan menjadi katalis proses restorasi budaya Suku Tidung agar tidak punah di telan zaman. pementasan ini sejatinya bukan tujuan akhir, yang menjadi fokus adalah bagaimana proses persiapan pementasan akan menumbuhkan minat generasi muda dan membangkitkan "passion" generasi tua dalam menghidupkan seni budaya daerahnya.

Indikator Sukses

Proyek ini dikatakan sukses apabila wanita yang terlibat melebihi 50 persen dari target dan rutinitas latihan dapat berjalan sehingga pementasan dapat terselenggara dengan baik dan sukses

Lokasi

Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara

Dana yang Dibutuhkan

Rp.70 Juta

Durasi Proyek

6 bulan