Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

38 - POHON


Nama Inisiator

Okti Budiati

Bidang Seni

seni_pertunjukan

Pengalaman

15 tahun

Contoh Karya

Fragile & The Last Steps by Okty Budiati.mp4

Situs Web

Media Sosial

Kategori Proyek

riset_kajian_kuratorial

Deskripsi Proyek

Pohon dalam tatanan kehidupan manusia memiliki makna filosofi yang mampu dibaca dari berbagai sudut pandang hingga isu sosial, ekonomi, dan politik. Pohon sebagai struktur yang tumbuh kembang dan menghasilkan pohon baru dapat dibaca menjadi simbol tubuh perempuan sebagai mekanisme kinetika sekaligus psikologi. Namun dalam realita sejarah dari bangsa ini, dialektika tidak mampu berkesinambungan dalam sosial sebagaimana yang dialami oleh ras Melanesia dan perempuannya. Sejarah politik bangsa ini, politik genosida 1965, telah berdampak pada genosida intelektual dan kebudayaan yang mengakibatkan perempuan menjadi sosok yang masih tersingkirkan hingga kini. Pada isu kali ini, penelitian akan mengarah pada kompleksitas sosial yang dialami masyarakat (khususnya perempuan) sebagai sosok penopang masa depan akan menjadi fokus utamanya yang mengakibatkan perang saudara dan perpecahan sebagai mahluk sosial dan manusia yang sama-sama berdiri di bumi.

Latar Belakang Proyek

Banyaknya kasus ketimpangan secara sosial, khususnya bagi perempuan dari sudut pandang pendidikan, kesehatan, dan psikologi.

Masalah yang Diangkat

Hak asasi manusia dalam memperjuangkan hak kedaulatannya.

Indikator Sukses

Berhasil sebagai program gerakan penyadaran masyarakat melalui seni budaya dengan hasil akhir berupa buku dan seni pertunjukan.

Lokasi

Maluku Utara

Dana yang Dibutuhkan

Rp.760 Juta

Durasi Proyek

6 bulan