Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

30 - Festival Seni Tari Lampung


Nama Inisiator

Fitri April Yanti

Bidang Seni

seni_pertunjukan

Pengalaman

14 tahun

Contoh Karya

VID-20180109-WA0004.mp4

Situs Web

youtube dengan publisher Kang Djadi Romansa ; keyword MI Ma'arif NU 6 Oke

Media Sosial

instagram : apprylyanti

Kategori Proyek

kerjasama_kolaborasi

Deskripsi Proyek

Festival Seni Tari Lampung merupakan pertunjukkan seni tari nasional, dengan tidak terbatas pada seni tari lampung sebagai seni tari lokal tempat terselenggaranya acara. Acara ini dimaksudkan sebagai wadah untuk sharing berbagai pengetahuan tentang kegiatan seni tari. Munculnya kolaborasi antar guru seni tari, dan pengampu sanggar tari, dan semua pihak yang ingin terlibat dalam pengembangan seni tari di Lampung. Selain itu, diharapkan pengembangan jalur seni tari baik dari sekolah formal dan informal semakin meningkat. Acara ini terselenggara untuk kalangan formal (sekolah) dan kalangan informal (sanggar tari) yang ada di Lampung. Sebelum acra ini terselenggara, kami akan melakukan sosialisasi acara terhadap semua kalangan. Kami akan membantu berbagai kalangan yang mengalami kesulitan dalam mempersiapkan pertunjukkan seni. Misalnya, bagi sekolah-sekolah yang belum mempunyai guru seni tari, konstum tari dan hal lain yang dibutuhkan. Dalam hal permasalahan personil yang kurang memadai, kami akan melakukan kolaborasi pertunjukkan seni dari berbagai kalangan. Kami sangat mengharapkan acara ini dapat membangkitkan semangat semua pihak dalam mengembangkan seni tari di Lampung.

Latar Belakang Proyek

Seni tari merupakan bagian dalam budaya yang perlu dilestarikan. Namun, semakin berkembangnya zaman, seni tari mulai diabaikan dan kurang diminati diberbagai kalangan mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Hal ini diperparah dengan masih jarangnya kegiatan ekstrakurikuler disekolah yang menyediakan seni tari. Sanggar tari di Lampung jumlahnya juga masih sangat terbatas. Sehingga, diperlukan festival seni tari sebagai salah satu cara melestarikan budaya seni tari. Diharapkan dengan acara festival seni tari, berbagai kalangan dapat termotivasi untuk berpartisipasi dalam acara tersebut.

Masalah yang Diangkat

Masalah yang diangkat dalam proyek ini adalah semakin berkembangnya zaman, seni tari mulai diabaikan dan kurang diminati diberbagai kalangan mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Hal ini diperparah dengan masih jarangnya kegiatan ekstrakurikuler disekolah yang menyediakan seni tari. Anak-anak belum mempunyai wadah yang luas untuk mengembangkan seni tarinya. Setelah acara festival seni tari, kami akan dapat bertemu semua pihak yang ingin mengembangkan seni tari. Sehingga kolaborasi dalam pengembangan seni tari berkelanjutan dapat terwujud. Dengan terselenggaranya acara festival seni tari, kami juga akan mengetahui kendala apa saja yang dialami sekolah-sekolah dalam pengembangan seni tari sehingga kami akan memberikan membantu menyelesaikan masalahnya. Bagi sekolah-sekolah yang memang tidak dapat menyelenggarakan ektrakurikuler seni tari maka kami akan membentuk sanggar tari di berbagai daerah untuk mewadahi anak-anak yang ingin mengembangkan seni tari. Dengan demikian pembinaan dan pelestarian seni tari akan terwujud

Indikator Sukses

Proyek ini akan dikatakan sukses jika jumlah peserta yang berpartisipasi dalam pertunjukkan seni tari minimal 1000 orang dari berbagai kalangan baik formal (SD/MI,SMP/Mts,MA/ SMA/SMK dan perguruan tinggi) maupun informal (sanggar tari), terbentuknya komunitas Pecinta Seni tari se Lampung, adanya pembinaan berkelanjutan disemua kalangan formal maupun informal.

Lokasi

Lampung/ Lampung Timur

Dana yang Dibutuhkan

Rp.75 Juta

Durasi Proyek

6 bulan