Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

26 - LUDRUK ZAMAN NOW


Nama Inisiator

HJ.I.G.A.AJU NITYA DHARMANI,SST,SE,MM

Bidang Seni

seni_pertunjukan

Pengalaman

3 tahun

Contoh Karya

Trailer Ludruk Kidung Idul Fitri.mp4

Situs Web

https://youtu.be/lNpsK2tF02s

Media Sosial

https://youtu.be/zan9tMkSkWU

Kategori Proyek

lintasgenerasi

Deskripsi Proyek

Membuat LUDRUK FILM (LUDFI), penggabungan pementasan ludruk panggung dengan penggunaan tehnologi film yang kekinian dengan tema perempuan yang melibatkan tokoh tokoh perempuan, siswa siswi sekolah, anak muda yang berprestasi untuk terlibat bersama berperan main ludruk. Pengambilan area film akan disesuaikan dengan judul yang akan ditentukan oleh sutradara dalam grup ludruk Irama Budaya Sinar Nusantara.

Latar Belakang Proyek

Saat ini Ludruk tetap bisa digandrungi para penonton sampai kapanpun itu karena kepiawaian grup Ludruk yang terus berkreasi di setiap pertunjukan yang masih berjalan hanya karena pemain ludruknya adalah memang orang orang yang berjiwa seni, yang ingin terus berkarya tanpa menghitung dapat apa dan untung berapa setelah berperan hingga larut malam. Sementara pemain perempuannya mulai satu persatu mengundurkan diri karena ternyata HONOR jadi harapan terbesarnya untuk bisa terus berperan di ludruk dan keluarganya. Sehingga peran perempuan yang seharusnya ada dan digantikan oleh lelaki. Nilai sosial atas peran perempuan jadi jadian ini pula yang sedikit banyak menyumbang faktor keengganan orangtua kelas menengah keatas menonton apalagi mengijinkan putra putrinya menjadi pemain ludruk. Harapan dan mimpi saya adalah Melestarikan kesenian tradisonal Ludruk, yang kini mati suri karena ditinggalkan para penggemarnya menjadi sebuah tontonan ludruk yang kekinian agar Merebaknya kesenian asing sedikit atau banyak akan berpengaruh pada perkembangan (kelestarian) kesenian asli (daerah) Indonesia tercinta ini. Dengan harapan generasi muda mau peduli turut serta melestarikan kesenian ludruk dengan versi kekinian tanpa meninggalkan fondasi nilai sebagai pakem kesenian ludruk. Sudah saatnya budaya tradisional diberikan ruang dan anggaran yang cukup. Hal ini merupakan bagian dari upaya menyelematkan generasi muda dari ketidakpedulian terhadap kesenian tradisional. Semoga dana hibah yang saya dapat menjadi awal kebangkitan perempuan seni ludruk lebih termotivasi dengan peran ludruk film.

Masalah yang Diangkat

Masalah Pemain Perempuan dalam lintas generasi di dunia kesenian ludruk.

Indikator Sukses

1. Keberhasilan pembuatan 2 judul ludruk film sebagai pertunjukan ludruk yang kekinian 2. dengan melibatkan banyak tokoh perempuan lintas sektor untuk turut bermain ludruk sebagai bintang tamu 3. Antusias penonton lintas generasi

Lokasi

KOTA SURABAYA

Dana yang Dibutuhkan

Rp.500 Juta

Durasi Proyek

2 bulan