Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

20 - RUANG BACA BERGERAK


Nama Inisiator

ISTIFARI

Bidang Seni

sastra

Pengalaman

2 tahun

Contoh Karya

DURI DALAM DIRI.docx

Situs Web

istiehasan@blogspot atau www.gubuktulis.com

Media Sosial

FB. istiehasan - IG. istiehasan

Kategori Proyek

perjalanan

Deskripsi Proyek

Saya ingin membuat ruang baca ramah ibu dan anak, keinginan ini saya mulai dari melakukan sebuah aktifitas tebar baca di ruang-ruang public yang rutin setiap hari minggu, kegiatan ini sudah berjalan selama dua tahun. Saya seorang perempuan desa yang saat ini tinggal di kota dan sudah menjadi ibu, kecintaan saya terhadap dunia literisa atau merawat budaya literasi tak bisa saya abaikan, ketika saya melihat kenyataan yang ada, kesimpulannya, perempuan harus tetap bergerak agar mampu melahirkan dan merawat generasi-generasi yang akan menjaga keutuhan dan keberagaman. Ruang baca yang ingin saya bagun, didalamnya ada beragam atau menu buku-buku pilhan yang dapat dinikmati, dimana seorang ibu yang lagi menemani anaknya bermain bisa sambil ikut serta membaca. Mengenalkan buku-buku dengan cara yang mudah mengaksesnya adalah salah satu gerakan untuk mendekat kan buku dengan pembacanya dan membaca bisa dimana saja, kapan saja. Harapannya menjadi akan menjadi sebuah kebiasaan dan kebutuhan. Buku tak dapat merubah manusia tapi buku bisa merubah polapikir manusia.

Latar Belakang Proyek

ketika saya melihat fenoma di desa tembat saya tumbuh menjadi sekarang, ibu hanya mengajarkan saya memasak dan bagaimana merawat rumah, ibu tak pernah menyuruh saya meluangkan waktu untuk membaca, saya selalu mecuri waktu tidur untk membaca majalah atau buku di luar pelajaran sekolah, saya ingin mempunya mimpi dan berimajinasi. disitulah saya berfikir seandainya sorang ibu mencintai buku ia tak hanya mengajari anaknya urusan domestik. saya ingin menginspirasi ibu yang lain untuk merawat budaya literasa didalam rumah atau di luar lingkungan kita.

Masalah yang Diangkat

membangun budaya literasi dan memudahkan buku untuk dapat diakses oleh masyarakat umum.

Indikator Sukses

di tempat saya melaksanakan tebar baca, ketika saya berpindah tempat, masyarakat sekitar akan meneruskannya dan akan membuat resensi buku bacaannya.

Lokasi

Jawa Timur

Dana yang Dibutuhkan

Rp.20 Juta

Durasi Proyek

2 bulan