Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

187 - Menggerakkan Inisiatif Warga Pulau Mandangin Melalui Media Mading Untuk Mengatasi Persoalan Listrik dan Air Bersih Secara Mandiri


Nama Inisiator

Hery Purwanto

Organisasi

NA

Topik

Keadilan dan kesetaraan akses terhadap media

Deskripsi Proyek

Sebuah proyek untuk menggerakkan inisiatif warga melalui media mading “Wind of Change” (offline dan online) agar secara mandiri mampu mengatasi persoalan listrik dan air bersih. Proyek bertujuan: (a) memperkenalkan dan membangun pilot project pembangkit energi hibrid (wind power dan solar cell) dan teknologi desalinasi (destilasi dan reverse oemosis); (b) menginisiasi terbentuknya koperasi untuk mengelola listrik dan air bersih; (c) menghimpun swadaya warga.

Masalah yang Diangkat

Warga pesimis terhadap persoalan listrik dan air bersih. Padahal listrik berkait erat pada bidang pendidikan, ekonomi, keamanan lingkungan, sosial dan lainnya. Sedangkan, air bersih berkait dengan bidang kesehatan.

Solusi

Mengoptimalkan mading off line (untuk mengedukasi warga) serta mading online (untuk berjejaring), membangun pilot project energi hibrid dan desalinasi (untuk menggugah inisiatif warga), menginisiasi terbentuknya koperasi pengelola listrik dan air, serta menghimpum dana warga.

Target

Warga Mandangin, Multipihak, UKM di desa, Nelayan, Ilmuwan/penemu teknologi, Supplier teknologi

Indikator Sukses

aktifnya mading, indek kepuasan warga, partisipasi warga dalam proyek, terbangunnya pilot project, tersusunnya mekanisme pembiayaan-pengelolaan listrik-air, terbentuknya Koperasi dan tergalangnya dana warga

Lokasi

Pulau Mandangin Kab. Sampang Madura

Dana yang Dibutuhkan

900 Juta Rupiah

Durasi Proyek

Januari 2012-Januari 2014 (24 bulan)