Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

173 - Teraka.net


Nama Inisiator

Sudaryono Achmad

Organisasi

NA

Topik

Pemantauan media

Deskripsi Proyek

"Program Pantau Media Televisi Teraka.net (Televisi Ramah Keluarga). Dalam arti bermanfaat untuk menambah kualitas hidup yang lebih baik untuk setiap keluarga terutama anak muda setelah menontonnya. Program
yang dirancang khusus untuk melakukan advokasi, pencerahan dan pembelaan konsumen televisi di Indonesia dalam bentuk situs internet yang diintegrasikan dengan sosial media (Twiter, facebook dll) serta layanan SMS kepada publik yang memberikan analisis tentang acara televisi, pemantauan konten dan juga berisi panduan bagaimana bisa mengkonsumsi televisi dengan cerdas dan ikut ambil bagian dalam mewujudkan acara-acara televisi yang aman dan ramah terhadap keluarga. Hal ini didasarkan pada tidak adanya (belum ada) lembaga atau situs yang secara khusus melakukan pemantauan terhadap tayangan televisi."

Masalah yang Diangkat

"1. Menjadikan penonton televisi yang cerdas, tidak menjadi korban media televisi, seperti efek negatif program berbau kekerasan, pornografi, dan hedonisme.
2. Membentuk kader-kader (aktivis) literasi media televisi sebagai ujung tombak tercapainya televisi yang yang ramah keluarga.
3. Menjadi solusi/rujukan situs yang memberikan informasi seputar televisi yang ramah terhadap keluarga.
4. Mempopulerkan dan mengkampanyekan gerakan literasi media Televisi Ramah Keluarga (Teraka)."

Solusi

"1. Melakukan pemantuan secara rutin program acara televisi di berbagai stasiun televisi dan hasilnya ditampilkan di situs serta disebarkan melalui sosial media (facebook, twitter, dll) serta lewat SMS. Pemantauaan, terutama didasarkan pada rujukan undang-undang
penyiaran yang berlaku serta analisis lainya baik segi komunikasi, psikologi, maupun sosiologi massa.
2. Membuat buku cetak pandukan Televisi Ramah Keluarga (Teraka)
3. Membuat serial program bincang media berupa talkshow dalam bentuk video dengan narasumber para pegiat media, mentor/konsultan media maupun para akademisi. Berisi tema literasi media televisi berdurasi 35 menit dan minimal 5 kampanye kreatif Televisi Ramah Keluarga berdurasi 30 detik yang dipublikasikan di situs Teraka.net maupun
Youtube.com.
4. Membuat poster kampanye Televisi Ramah Keluarga
5. Melakukan workshop/pelatihan ”Televisi Ramah Keluarga” serta bedah buku Teraka, pameran poster kreatif serta pemutaran video tentang literasi televisi dan kampanye literasi televisi di berbagai kampus di Indonesia sekaligus membangun jaringan komunitas Teraka.net (Televisi Ramah Keluarga) untuk bisa berkontribusi dalam mengulas dan menulis analisis tentang acara-acara televisi /iklan sehingga bisa mencerahkan publik, mengupload video maupun poster-poster kreatif kampanye Televisi Ramah keluarga di situs Teraka.net dan situs jejaring sosial lainnya.
6. Mengirikam hasil perkembangan kampanye, hasil kajian Teraka.Net melalui SMS bagi member Teraka.net yang siapaun boleh menjadi anggotanya"

Target

"Masyarakat yang diuntungkan terutama generasi muda umur 17-30 tahun. Dalam umur tersebut adalah masa produktif. Jadi dengan adanya pemahaman terhadap televisi ramah keluarga wawasan mereka meningkat.
Bisa memanfaatkan televisi secara maksimal untuk kehidupan yang lebih berkualitas."

Indikator Sukses

"1. Menilai komentar dan surat yang masuk ke pengelola Teraka.net
tentang program/situs ini.
2. Menilai komentar peserta workshop/road show bedah buku dan pemutaran
video Teraka.Net
3. Menilai masukan dari para akdemisi dan praktisi media
4. Menilai popularitas dan dukungan publik lewat situs pemantau seperti
alexa, google analitic serta polling yang diadakan di dalam situs
Teraka.Net"

Lokasi

Jakarta Timur

Dana yang Dibutuhkan

50 Juta Rupiah

Durasi Proyek

Desember 2011-Juni 2012